Contoh Teks Drama Sekolah Lakon Remaja Cahaya Rembulan oleh Rusmila

DRAMATIC PERSONAE - Abdullah (Lelaki) - Fatimah - Aisyah - Hasan - Bi Inah - Lelaki Berjubah Putih - Bartender - Teman bartender - Sopir - Petugas rumah sakit

PROLOG LELAKI ITU DUDUK SENDIRIAN DI SUDUT PUB DENGAN SEBATANG ROKOK YANG TERSELIP DI JEMARINYA. SEBENTAR-SEBENTAR BOLA MATANYA MENGERJAP SERAYA MENGGELENG-GELENGKAN KEPALA, SEOLAH HENDAK MENGENYAHKAN PIKIRAN YANG MEMENUHI ISI KEPALANYA. INGIN IA LARI DARI SEMUA PERSOALAN, MEMBEBASKAN DIRI DARI SEGALA MACAM BEBAN YANG MENDERA. AKAN TETAPI, LELAKI ITU TAK PERNAH BERHASIL. BABAK I DI PUB BAR ABDULLAH (Sambil setengah mabuk) Hei … bartender, tambaah lagi birnya! BARTENDER MENUANGKAN BIR KE GELAS LELAKI ITU LELAKI (Meneguk bir di gelasnya dengan sempoyongan) Ka … mu tau, siapa saya he … he? SAMBIL MENEPUK DADA. BARTENDER HANYA TERSENYUM

LELAKI Sa … ya, sa … ya seorang lelaki sukses. Kamu, kamu tau, perusahaan saya besaaar sekali. Istri saya artis top. Anak-anak saya cantik dan ganteng. Saya punya uang banyak, berlimpah. BERDIRI SEMPOYONGAN. LELAKI ITU KEMBALI MEYODORKAN GELASNYA YANG SUDAH KOSONG. BARTENDER (Memegang bahu lelaki) Tuan sudah mabuk, sepuluh gelas sudah cukup, Tuan. Sebaiknya Tuan pulang saja. LELAKI (Menepis tangan bartender) Pulang …? Mabuk …? Akh, … kau gila. Aku tak mungkin mabuk. Aku ini …. LELAKI TERJATUH. SI BARTENDER DAN BEBERAPA PEGAWAI PUB ITU SEGERA MENGGOTONG LELAKI ITU KELUAR. MEREKA MENCARI SOPIR LELAKI ITU YANG SETIAP MALAM SETIA MENEMANINYA. BARTENDER Ini bos Anda, bukan? MENUNJUK LELAKI YANG DIGOTONG TEMAN-TEMANNYA SOPIR (Mengangguk) Teler lagi, Tuan? (Sambil membukakan pintu mobil, Bartender dan kawan-kawannya meletakkan lelaki itu) KAWAN BARTENDER Gila ya, bos kamu itu, tiap malam tak pernah absen dari teler. Sudah, bawa pulang sana! SOPIR : Terimakasih Tuan-tuan! TANCAP GAS DAN PERGI

BABAK II DI MOBIL (DI JALAN) LELAKI

saya tidak mau kembali ke pub karena di tempat itu tadi saya lihat banyak polisi. Mir? SOPIR (bingung) Anu. Mir! Memang aku punya rumah tempat aku bisa pulang? Memang ada yang menunggu aku pulang? Paling-paling si Inah. Saya takut kena razia atau diusir. aku? (Setengah sadar) SOPIR Bos. LELAKI (Melonggo) Oo … oo … oo! Kukira kau diusir. JIKA HARUS BERHENTI IA PUN MENGHENTIKAN MOBILNYA. LELAKI Pulang?. SEMENTARA. kau. MAKA IA MEMBELOKKAN MOBILNYA. AMIR. kita akan pulang. JIKA HARUS BERBELOK. sudah. LBP Abdullah. Mir. maksud saya. Kalau begitu kemana ja deh. LELAKI (Memelototkan mata) Diusir? Hei …. MEMBAWA MOBIL ITU HANYA MENGIKUTI SUARA HATINYA SAJA. BABAK III SEORANG LELAKI BERPAKAIAN PUTIH (LBP) MEMUTAR-MUTAR BUTIR TASBIH MENDEKATI LELAKI ITU DAN BERBICARA DENGAN SUARA YANG LIRIH. itu tidak mungkin. apa salah kamu. SOPIR Baik. kita muter ke pub aja lagi. Di mana. Ah. SOPIR (Memegang kepala) Tuan. LELAKI ITU TERTIDUR DENGAN LELAPNYA. Rumah besar itu seperti neraka buatku. SANG SOPIR. Saya tidak mau diusir sama pegawai pub. bangun! Bangun Abdullah! Bangun! . TAK JELAS ARAH YANG MAU DITUJU.Eeh … eeh. Tuan. istri kamu yang ada. Tuan. MOBIL YANG DITUMPANGI LELAKI ITU MELAJU MEMBELAH MALAM. Mir! Pokoknya aku tidak mau pulang.

menggumam) Iya. Mengapa Kamu begitu bodoh menjerumuskan dirimu? Sadarlah! Lihatlah dirimu. Itulah yang hilang dan coba kamu cari. Lihat … lihatlah aku dengan seksama. Mir! Bawa mobil tidak hati-hati. LELAKI MEMANDANG LEKAT-LEKAT KE LBP LBP Abdullah.LELAKI (Terkejut. Aku belum mau mati. Aku adalah nafasmu. LELAKI (Tertunduk. (Suara keras) LBP Abdullah! Aku memang Kamu. mundur ke tembok putih) Si … si …siapa engkau. Kamu hantu. Kamu sudah sangat jauh tersesat. LELAKI (Dengan mata menerawang) Mir. Dunia yang kamu raih ternyata membuat dirimu lupa. Lalu apa lagi? LBP (Berbicara pelan) Kedamaian dan iman. Sadarlah dirimu. Pulanglah. Di sana ada cinta yang kamu lupa. Kembali kekeluargamu. Abdullah! TIBA-TIBA SOPIR MENGEREM MOBIL DENGAN MENDADAK DAN TERJAGALAH LELAKI ITU DARI MIMPINYA. Kamu menyiksa dirimu sendiri. wahai lelaki berjubah putih? LBP Aku adalah Kamu. Apa yang Kamu cari? Semua sudah Kamu punya. iblis. syaitan. kita pulang dan jangan bertanya. . apa yang kucari! Dunia sudah kuraih. Aku adalah suara hatimu. Abdullah. Bagian lain dari hati nuranimu. tanyalah hati nuranimu. LELAKI (Melotot marah) Apa … apaan kamu. Tuan. Dia bidadari yang selalu berdoa di tiap malamnya. Aku adalah Kamu … LELAKI Bohong. SOPIR Maaf.

Tuan tidak bertemu dengannya? SOPIR (Bergumam) Bagaimana bisa bertemu. LELAKI ITU MEMATUNG DI DEPAN PINTU KAMAR FATIMAH. SAYUP-SAYUP DIDENGARNYA SUARA MERDU ORANG MENGAJI. Tuan.S. FATIMAH (Membaca Q. Tuan. Tuan (sambil membuka pintu rumah) Dia Sudah pulang tiga hari yang lalu dari pondok pesantren. Al-Baqorah : 1 – 7. jika sudah tiga hari ini tuan tak pulang-pulang! LELAKI ITU BERJALAN MEMASUKI RUMAH BESARNYA. Ayah?! Benarkah Ayah?! FATIMAH BERLARI MENCIUM LENGAN AYAHNYA LELAKI (Mengusap kepala Fatimah) . LELAKI (Wajah binggung) Kamu tahu suara apa itu. Mir? SOPIR Anu. DIA MENUJU KAMAR PUTRINYA – FATIMAH – DI LANTAI TIGA RUMAHNYA. Itu suara orang mengaji! Suara neng Fatimah.SOPIR MEMUTAR MOBIL TANPA BERANI BERTANYA TENTANG KEPUTUSAN PULANG TUANNYA BABAK IV DI RUMAH LELAKI. LELAKI Fatimah. Tiba-tiba matanya menangkap sesosok bayangan hitam di depan pintu kamarnya). Putri bungsuku? (Masih heran) Kapan dia pulang? SOPIR Iya. KETIKA MOBIL LELAKI ITU MEMASUKI GERBANG SEBUAH RUMAH BESAR.

Fatimah. Ayah masih sering membacanya? LELAKI (Menggeleng) Ayah lupa dengan-Nya. FATIMAH (Menghapus air mata ayah). Bukankah ibumu juga kedua kakamu ikut sahur bersama kita malam ini? HERAN FATIMAH (Tertunduk dalam). . Artinya.Fatimah. BAJUNYA. MENYEKA TUBUH LELAKI ITU. LELAKI (Tersedu-sedu). MEMAKAIKAN PAKAIAN YANG BERSIH KEPADANYA.. MELEPASKAN SEPATUNYA. Allah itu maha pemaaf. MENDUDUKKANNYA. FATIMAH Al-Quran. LALU BERLARI KE KAMAR MANDI MEMBAWA SATU BASKOM KECIL AIR. Fatimah kangen sama ayah. ayah sudah pulang! Fatimah senang. Walaupun cuma berdua. Buku Allah yang diberikan-Nya untuk dibaca manusia. Ayat yang Fatimah baca tadi menerangkan tentang keberadaan Al-Quran. DAN SELURUH PAKAIANNYA. Ayah kurusan (memegang-memegang tubuh ayah) Sakit? LELAKI MENGGELENG LEMAH. Itulah petunjuk dan pegangan hidup bagi manusia. LELAKI Apa maksudmu cuma berdua. FATIMAH MENUNTUN LELAKI ITU MASUK. Fatimah senang ayah pulang. FATIMAH Masuklah ayah. Apa yang kamu baca? Bolehkah ayah tahu. Ayah … (tersedu-sedu) FATIMAH Ayah. kita bisa sahur bersama untuk menyongsong hari pertama Ramadhan tahun ini. anak ayah (GUMAMNYA). Dia tak akan pernah lupa pada hamba-Nya yang khilaf. mengapa harus minta maaf? Manusia itu tempatnya khilaf! Alhamdulillah. LELAKI (Menangis) Maafkan ayah. Fatimah?.

BI INAH (Berlari-lari kecil) Iya. Non. Bi? BI INAH Anu. tolong angkat teleponnya. SUATU SORE YANG CERAH. tadi siang dibawa ke rumah sakit jiwa. RUMAH ITU KEMBALI BERCAHAYA. AKHIRNYA IA SEMBUH. ayah! Tadi beliau mengamuk hebat begitu tahu. LELAKI TERKULAI LEMAS BABAK V DI RUMAH SAKIT JIWA. DAUD JUGA BERSEDIA BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP ANAK ITU. SELAMA ENAM BULAN DI SANA. AISYAH TELAH MELAHIRKAN SEORANG BAYI PEREMPUAN YANG CANTIK. Kring … Kring … Kring AISYAH (Setengah berteriak). HASAN MENGALAMI PERAWATAN INTENSIF DI TEMPAT REHABILITASI KETERGANTUNGAN OBAT. Cari siapa? BI INAH TAMPAK MANGGUT-MANGGUT AISYAH Dari siapa. Non. FATIMAH TERUS MENGAJAR AYAHNYA MENGAJI. Ibu … BERHENTI LELAKI “Kenapa dengan Ibumu?” SETENGAH MEMBENTAK FATIMAH Ibu. Beliau stress. TIBA-TIBA TERDENGAR BUNYI TELEPON. Dari rumah sakit tempat ibu dirawat. FATIMAH LAGI ASYIK BERMAIN-MAIN DENGAN BAYI KECIL AISYAH. . SEMENTARA. SETELAH MENJALANI PROSES HUKUM. mba Aisyah hamil dan mas Hasan ditangkap polisi saat sedang perta ganja dengan teman-temannya. MESKI IBU MASIH HARUS DIRAWAT. Katanya penting. Bi Inah.Ayah. “Assalamualaikum”.

Bisakah Anda ke rumah sakit sekarang. PETUGAS RS Mari! SAMBIL MEMBUKAKAN PINTU KAMAR DAN MENYILAKAN. Saya ke sana segera! Tut … tut … tut … (telepon ditutup) SORE ITU. HASAN Siang. AKHIRNYA SAMPAILAH DI KAMAR PERAWATAN IBU KHADIJAH.! . MEREKA BERHAMBURAN MEMASUKI RUANGAN. MEREKA SEGERA MEMASUKI LOBI. Pa! Kami keluarga ibu Khadijah. Mari silakan ikut saya! BERIRINGAN MEREKA MENGIKUTI LANGKAH PETUGAS RUMAH SAKIT. Ada sesuatu dengan ibu Anda! AISYAH Ba … baik. ya? SUARA DI TELEPON (PEGAWAI RS) Begini. SESOSOK TUBUH TERTUTUP KAIN PUTIH TERBUJUR KAKU DI ATAS RANJANG! KELUARGA (Serentak) Ibu …. saya anaknya ibu Khadijah.AISYAH (Beranjak dari tempat duduknya) Ya …. TAMPAK KEKALUTAN TERCERMIN DARI WAJAHNYA PETUGAS RS O iya. SUASANA RUMAH SAKIT TIDAK TERLALU RAMAI. SEPANJANG PERJALANAN MEREKA DIHANTUI PERTANYAAN BESAR: “ADA APA DENGAN IBU MEREKA?”. MEREKA SEKELUARGA BERGEGAS PERGI KE RUMAH SAKIT. WAJAH SELURUH ANGGOTA KELUARGA TAMPAK TEGANG. SETELAH MELEWATI BEBERAPA KORIDOR. Ada apa. Tadi kami dapat telepon dari sini. Ada apa dengan ibu kami. FATIMAH TAMPK MENGAMIT AYAHNYA YANG BERJALAN GEMETAR. BEBERAPA PETUGAS SEDANG BERJAGA.

Ibu juga pasti diampuninya. MENINGGALKAN LAGU TANGIS ANAK-ANAKNYA. SELESAI Contoh Teks Drama Sekolah Lakon Remaja CONTRENG SAYA Dian Tri Lestari PARA PEMAIN Guru Ortu Nero Timika Siswa 1 Siswa 2 Pedagang Usman Pembeli Caleg Pengawal 1 Pengawal 2 . Ibu beruntung . PERGI UNTUK SELAMA-LAMANYA! LELAKI ITU BERPALING DAN KELUAR RUANGAN. ADA BENING AIR JATUH DI PELUPUK MATA LELAKI ITU. MENINGGALKAN TUBUH ISTRINYA YANG TERBARING KAKU. ya Rob…! FATIMAH (Keluar dari ruangan. Yah! Ia dipanggil oleh Allah di saat cahaya Ramadhan datang menyinari bumi! RUANG DI RUMAH SAKIT ITU MULAI HENING. mendekati ayahnya dan memeluknya) Allah maha pengampun. Tuhan! Aku … telah berdosa! Aku … berdosa! Ampuni hamba! Ampuni hamba. IBU YANG MEREKA CINTAI TELAH PERGI. SUARA TANGIS TADI LAMAT-LAMAT HILANG BERGANTI DENGAN SUARA AZAN MAGRIB TANDA WAKTU BERBUKA PUASA TELAH TIBA.TUBUH KAKU ITU DIPELUK BERAMAI-RAMAI OLEH MEREKA. LELAKI (Membenturkan dahi pada tembok ruangan) Ya.

Timika duduk di kursi. GURU Baiklah. saya terlambat. 4 PASANG MEJA DAN KURSI BERDERET RAPI MENGHADAP MEJA GURU DENGAN POSISI DIAGONAL LAMPU ON. SEORANGNYA LAGI DUDUK DI MEJA. TAMPILANNYA TIDAK SEPARLENTE NERO NERO (Memperhatikan fisik Timika dengan sinis dan jijik) Dandananmu dari kemaren itu-itu terus ? TIMIKA Ada yang salah ? NERO Ada yang salah. Kita sendiri baru saja datang. NERO Gak apa-apa. Sepatu merk Rusia. mau ? TIMIKA (Diam) NERO (Meninggalkan Timika dan duduk di kursinya) GURU (Masuk dan diikuti Timika. ia duduk di kursi) Maaf anak-anak. mau. BAGIAN I LAMPU OFF.Pemain yang tidak boleh memerankan dua/lebih tokoh adalah guru. NERO (Masuk dengan sikap angkuh dan anggun. sekarang kita belajar menulis notulen diskusi . Bu. Hp aja 3. 2 ORANG SISWA SUDAH DUDUK DI DALAM KELAS. Sekolah aja pakai mobil mewah. Pandangannya meremehkan orang lain) My name is Nero TIMIKA MASUK DARI ARAH BELAKANG NERO. SEORANGNYA DUDUK DI KURSI. Setelah meletakkan semua peralatan mengajar. Lihat bawaanku. dan caleg. Ada yang salah ? Ya jelas salah dong. pedagang. Sedangkan guru menuju ke mejanya dengan wajah muram dan tergesa-gesa. Ada yang salah. Mau. SETTING RUANG KELAS MEJA DAN KURSI GURU DI TENGAH PANGGUNG.

ngapain belajar notulen. Buat apa belajar Bahasa Indonesia atau Matematika kalau kita tidak tahu kenapa kita harus belajar Bahasa Indonesia atau Matematika. Cuma. GURU (Marah) Lalu buat apa kau jadi musisi kalau bahasamu masih tidak sopan ?! NERO Alaaah . Eh. Itu baru berguna. Nero ! Kamu saya skorsing satu tahun ! KELUAR NERO (Berteriak ke arah guru) Buat apa sekolah benar kalo cuma dapet selembar ijazah ? Berhasil atau gak-nya orang. Susah. Belajar lain saja. denger semua ! Apa ada jaminan lulus Ujian Nasional. GURU Kok kamu yang mengatur saya ? NERO Bukannya gitu. Bu. KECUALI TIMIKA NERO Aduuuh. kita pasti jadi berhasil dan berbudi ? . Buat apa belajar PKN atau Ekonomi kalau kita gak mau jadi pedagang jujur yang miskin.. Bu. saya ada masalah. Kalian tambah lagi di sini.. gak diliat dari angka 8 di nilai Ujian Nasional. kalo hasil diskusi hanya jadi wacana GURU Nero ! Memangnya kamu gak mau dapat nilai ? Memangnya kamu gak mau dapat ijazah ? NERO Kita-kita sih berpikir realis. Ibu gak gaul ! GURU (Menggebrak meja dan berdiri dengan wajah marah besar) Kenapa kalian tidak bisa diajak pintar ? Diajak benar ? Kalian pikir saya tidak capek ngajar kalian ? Gaji saya sebagai guru swasta ini tidak cukup untuk makan saya sendiri.SEMUA SISWA GADUH. saya sih maunya belajar musik atau modeling. Di rumah. Bu.

Barangkali siswa bisa berubah. Pak ! ORTU (Masuk dan duduk di hadapan guru) Saya datang kemari memenuhi panggilan Ibu. Lama kemudian terdengar sayup. ORTU Sudahlah. Terdengar suara perkelahian dari belakang panggung. Ada apa yah. GURU (Heran) Asal Bapak tahu. Ditambah perilaku buruk siswa. kan ? . Seharusnya orang tua memberikan teguran yang tegas pada siswa. Dia sudah banyak melanggar peraturan. Ia sangat marah) BJG lo !!! Mengejar Timika karena hendak memukul Timika. apa lagi gak lulus ! NERO Nanya balik lagi lo ! Kalo setiap pertanyaan dibalas dengan pertanyaan. kemudian tak terdengar sama sekali GURU (Masuk dengan wajah serius) Silakan masuk. Kita lupakan saja masalah ini. kan malah menambah masalah pribadi Ibu. Semua siswa keluar. Terakhir kali. Namanya juga masih remaja.TIMIKA Yang lulus aja belum tentu jadi orang sukses dan berbudi. Perkelahian antar genk! ORTU Oh soal itu. beban kami sudah berat. Bu ? GURU Saya memanggil Bapak menemui saya. dia berkelahi dengan Timika. bentar lagi ada majikan bergelar pembantu ! NERO (Berdiri dan membalas ucapan Timika. Nero. Kalau Ibu menganggap hal ini berat. berhubungan dengan anak Bapak. Bu. kapan kita tahu jawabannya ? Kalian akan liat nanti kalau duit juga yang pegang kendali ! TIMIKA Tapi kalo semua orang kaya bego kayak kamu.

kalau begitu kebetulan sekali. PEMBELI (Masuk) Baru buka nih ? PEDAGANG Iya. tapi pengeluaran banyak.. Gaji tak cukup. Pak. GURU Ibu tahu sendirilah bagaimana nasib guru seperti saya. Bu. KELUAR. Pak. beban seperti apa yang Ibu maksud ? Barangkali bisa saya ringankan. GURU TERMENUNG SEJENAK. Ibu mau beli apa. Bu ? PEMBELI Saya mau beli minyak goreng curah.GURU Tak bisa semudah itu. ORTU Kalau saya boleh tahu. kita saling meringankan beban kan ? Permisi.mau berapa kilo ? .. Jadi. Bu. KEMUDIAN KELUAR BAGIAN II PEDAGANG MASUK DAN SIBUK MERAPIKAN WARUNGNYA (PROPERTI KELAS DIUBAH OLEH PEMAIN MENJADI MEJA WWARUNG DENGAN MEJA DAN KURSI TERSUSUN MEMANJANG). GURU Maksud Bapak ? ORTU Saya bisa kirim uang 20 juta buat Ibu dan Ibu bisa tarik hukuman untuk anak saya. ORTU Oh. Ada ? PEDAGANG Oh ada. Nero sudah banyak melanggar peraturan. Tidak cukup. IA KELUAR PANGGUNG LAGI DENGAN MEMBAWA BARANG DAGANGAN.

PEMBELI Sekilo berapa ? PEDAGANG 7 ribu PEMBELI Mahal amat !!! PEDAGANG Sekarang barang-barang memang mahal. Bu. Ini. pas ! Terima kasih ya. minyak gorengnya. Beda dengan warung lain. BAGIAN III . KEMUDIAN PERGI PEDAGANG (tertawa) Kenapa ? Kalian meragukan timbangan saya ? Alah. seharusnya harga sembako turun dong. Pas kan 3 kilo ? PEMBELI Oh ya. Kasih 3 kilo. tapi juga retribusi dan sesaji ! Jadi beli gak ? PEMBELI Iya. turun lagi. kita berdagang ini gak hanya soal produksi dan transportasi. masak harga minyak goreng mahal ? Sekarangkan BBM turun. mana bisa kaya. PEDAGANG (Mengambil beberapa bungkus minyak goreng dan hendak ditimbang. Bu. Kita harus memilih teori mana yang lebih efisien. Bu. PEDAGANG Bu. Jangankan minyak goreng. Kalau di sini timbangannya pasti pas. turun. ini uangnya MENGAMBIL MINYAK GORENG DAN MEMBAYAR KE PEDAGANG. jarum pentol aja mahal PEMBELI Gak mungkin! Harga kelapa saja murah. Kalau kita gak begini. penipuan dan kejujuran hanya perkara teori.

1 Tapi menurut pengamatan saya. CALEG Meski visi dan misi hampir sama. Pokoknya kalian promosikan saja saya. KETIKA BERGANTI ADEGAN POLITIK. TANPA BARANG SATU PUN. 1 Ya gak perlu bersaing dong kalau begitu. Berbaur aja jadi satu partai. CALEG MENYALAMI BEBERAPA PENONTON. yang penting itu tujuannya baik. PENG. Memangnya partai Bapak ini ada bedanya dengan partai lain ? CALEG Ya. ADEGAN INI BERLANGSUNG HINGGA KRU PANGGUNG SELESAI MERAPIKAN PANGGUNG DARI PROPERTI ! CALEG Saya yakin kalau saya bisa terpilih dalam Pemilu legislatif tahun ini. Apa salahnya sama visi misi. . 1 Lha. semua partai mengusung visi dan misi yang hampir sama.TEKNIS PANGGUNG KHUSUS UNTUK STAGE YANG TIDAK MENGGUNAKAN LAMPU ATAU TIRAI KETIKA PERGANTIAN PROPERTI. Kalian bikin panggung dangdut ! Kalian pasang poster saya besar-besar. Semua partai atau organisasi ingin memajukan bangsa. SEMUA KRU PANGGUNG DAPAT MENGAMBIL SEMUA PROPERTI YANG ADA DI PANGGUNG HINGGA PANGGUNG KOSONG. SEMENTARA ITU. sama aja sih. DARI ARAH PINTU MASUK. SEDANGKAN DUA ORANG PENGAWAL BERPAKAIAN RAPI DAN BERKACA MATA HITAM MEMBAGIKAN BROSUR KE PENONTON. ngapain ngikut kalo sama aja ? Gak kreatif dong ! CALEG Eh. 1 Kenapa Anda begitu yakin. PENG. DATANG CALEG DAN DUA ORANG PENGAWAL. yang beda kan jalannya. PENG. Pak ? Bukannya tahun ini ada banyak calon legislatif yang jadi saingan Anda ? CALEG Tentu saya yakin karena saya punya visi dan misi yang jelas ! PENG.

. PENG. 2 Ya. 1 Ya. Tapi saya tidak akan gentar membantah pada kebijakan pemimpin yang salah. mana ada yang percaya ! CALEG Husss. Mau ngerjain apa tamat SMA ? CALEG Lo kira SMA gak mutu ? Apa lo bisa jadi sarjana kalo kagak lewat SMA ? Kalau kalian mengira tamatan SMA gak punya kapabilitas. jangan saja Bapak nanti jadi kecut meski presidennya suka keluar negeri. berarti kalian menghina pendidikan dong ! Memangnya bayi lahir langsung masuk universitas !!! PENG. 1 Memangnya Bapak tahu caranya memajukan rakyat ? CALEG Berusaha dan jangan lupa berdoa ! PENG.PENG. suka tukar ganti parlemen. saya bisa memajukan rakyat. CALEG Tidak ! Saya tidak mau lewat jalan itu. suka nyulik wartawan dan aktivis. PENG. Kita bikin titel boongan aja yuk ! Gak mahal kok. 2 Lihat saja. 1 Berusahanya bagaimana ? CALEG Misalnya dengan mengikuti kebijakan pimpinan partai... 2 Tampang kayak Bapak. Lha Bapak hanya tamatan SMA. rata-rata para caleg ada gelar akademisnya. PENG. Saya yakin dengan cara dan aura yang saya miliki.. suka jual BUMN. tapi kan setidaknya ada sesuatu embel-embel yang bisa membuat nama Bapak jadi hebat gitu..

RAKYAT . CALEG. saya mendapatkan berapa persen suara ? PENG. dan pandai bicara kan banyak. Saya maju sebagai caleg untuk bisa mengawasi kerjaan presiden dan membantu rakyat. punya otak pintar. 2 Memangnya bisa terpilih. 1 Hebat kalau begitu ! Mudah-mudahan nama Bapak yang gak besar itu bisa terpilih oleh rakyat dan Bapak bisa jadi anggota legislatif. Bukan untuk 7 D. DAN CALEG SECARA BERGANTIAN DENGAN ARAH KEDATANGAN YANG BERBEDA. MASUK RAKYAT. 1 Baru kami berdua. Duduk. Pak ! CALEG Apa ? Ini tidak bisa dibiarkan !!! Sekarang kita ke perusahaan percetakan kertas suara ! PENG. GURU. PENG. DAN PEDAGANG BERHENTI DI BERBAGAI SUDUT PANGGUNG.PENG. Pak. Pak ? Yang punya nama dan relasi besar. MUSIK MASUK PUTIH. Bisa-bisa Bapak kalah pamor sama mereka. 2 Memangnya Bapak yakin gak mau bekerja sama kalau presiden atau atasan Bapak ngasih pembagian hasil penjualan BUMN ? CALEG Jelas tidak mungkin. PEDAGANG. GURU. diam. 1 Buat apa ? CALEG Manipulasi surat suara !!! (Keluar dan diikuti kedua pengawal) BAGIAN IV DI PANGGUNG. SEMUA AKTIVITAS MENDADAK DIAM. CALEG (Khawatir) Memangnya berdasarkan survey. KETIKA PUTIH MASUK. dan dapat duit dari dana dorongan ! PENG. SEMUA PEMAIN BERAKTIVITAS BERDASARKAN PERAN.

. KELUAR CALEG Bagaimana mungkin saya bisa tidak menang dalam pemilihan ? Ap-a ada yang salah ? Semua sudah saya berikan ke masyarakat.. PUTIH BERDIRI PALING DEPAN SEBAGAI TOPENG DENGAN WAJAH ANGGUN.. SECARA PERLAHAN DATANG HITAM. PUTIH BERJALAN MENGITARI MEREKA.. Sekalian ambil alat bandnya.pasti..... juga senyuman.. BERJALAN MERANGKAK.30 % buat kalian. Tapi alat bandnya bukan punya kita.BERBARUING DI TENGAH DEPAN PANGGUNG. Ember ! Sudah..sudah....ha. ANGKUH. DAN CANTIK. Bantuan.ya. Bu. KEMUDIAN PERGI PEDAGANG (berbicara lewat hp) Gampang sajalah.. Selundupkan saja barang itu.. CALEG A. GURU.ha. ADANYA HITAM DAN PUTIH ADALAH SIMBOL BAGI TOPENG YANG SELALU DIGUNAKAN OLEH PARA PETINGGI TERTENTU UNTUK MENUTUPI KEBURUKAN MEREKA. DAN CALEG KEMBALI BERDIALOG SECARA BERSAMAAN.... PUISI SAJAK PALSU DIPERDENGARKAN DARI DALAM PANGGUNG.. KEMUDIAN BERHENTI DI TENGAH PANGGUNG...apa ? Ya. PENGAWAL Maaf. Oke... Blokir jalan raya yang mereka gunakan selama ini..ha.! MASUK SEORANG PENGAWAL.pasti ada mereka menggelembungkan suara pada caleg lain. uang.oke. PUTIH DAN HITAM BERDIRI DI TENGAH-TENGAH PANGGUNG.. PENGAWAL MEMBISIKKAN SESUATU KE CALEG CALEG Apa !!! Mereka tidak mencontreng saya ?! Monyet ! Pantas saja saya tidak menang. .pasti.ya. PEDAGANG... Sini !!! MENAMPAR MURID SATU PER SATU DENGAN WAJAH GIRANG. GURU Kemari kalian !!! (Masuk 3 orang murid) Apa yang kalian lakukan ? Kalian melanggar peraturan..laksanakan tugas! KEDUANYA KELUAR.tarik kembali uang yang sudah kita berika pada mereka... Masak petugas bea cukai tak bisa diajak kerja sama ? Kasih saja dia duit......

tanah……air. MENUTUP MULUT DENGAN PROGRAMPROGRAM PENIPUAN. tanah……air. Seseorang mendekati kasur.. tanah……air. BERKATA tanah……air. Udara. Udara.……… udara…….……………..……………. Udara. Air. Air. Aku mulai dari sini. IA MEMPROKLAMASIKAN NEGARA YANG KEDUA KALINYA DENGAN MEMBACA PUISI PROKLAMASI 2 SELESAI Contoh Teks Drama Sekolah Naskah Lakon Remaja IBU BUMI Karya Candra Barong Harjanto SUASANA PANGGUNG LENGANG. IA BERDIRI DAN MEMBERSIHKAN DIRI SEPERTI ORANG YANG BERSIAP-SIAP TAMPIL KE PUBLIK.……………. Tanah…………. Air. Air. HITAM MENDADAK BERHENTI DAN SEGERA MENGIKUTI PUTIH PERGI.(semakin lama semakin cepat. tanah……air. Tanah…………. Aku mulai dari sini. Tanah………….……… udara……. ……… udara……. Udara. Aku mulai dari sini. Tanah…………. KETIKA SUDAH TERLEPAS. Aku mulai dari sini. tanah……air. SESEORANG Aku mulai dari sini. POJOK-POJOK PANGGUNG. Udara. Tanah…………. Udara. Tanah…………. IA MENGELUARKAN PECI.……… udara……. Air.……… udara…….……… udara……. KASUR KAPAS DITENGAH PANGGUNG. SAMBIL MENYEBAR BUNGA. Tanah…………. Aku mulai dari sini. RAKYAT BERJALAN TIMPANG. Aku mulai dari sini. KEMUDIAN DIA BERDIRI DI TENGAH-TENGAH PANGGUNG DAN MENGELUARKAN SELEMBAR KERTAS.……………. Air. MENJERAT RAKYAT DENGAN KEBIJAKAN DAN KEKUASAAN. Air. RAKYAT MEMBERONTAK DENGAN BERUSAHA MELEPASKAN TALI DAN SELOTIP DI LEHER DAN MULUTNYA. Tanah………….…………….……………. Udara.. SESEORANG (PEREMPUAN BIJAKSANA SETENGAH TUA) MENARUH LILIN/LAMPU MINYAK PADA POSISI DEPAN. Aku mulai dari sini.. PECI KUMAL ITU DIBERSIHKAN KEMUDIAN DI PAKAI.……………. .……………. Air... AKHIRNYA RAKYAT YANG MENGALAMI NASIB BURUK.. TIGA ORANG MASUK LALU-LALANG.. Udara. Tanah…………. Udara.MEREKA MULAI MENYENGSARAKAN RAKYAT YANG TAK BERDAYA. Aku mulai dari sini. PUTIH BERGERAK..……………. Air.

udara. Seperti berhala-berhala yang minta dipuja-puja. semuanya ada padamu SESEORANG Aku cinta.air.{di ulang 3 kali }tanah. udara………kembalilah ke udara. ) SESEORANG tanah…… kembalilah ke tanah. tahun. apa itu yang disebut keramahan? ORANG 1 Aku merindukan keteduhan jiwa. tanpa tegur sapa.nasihat cinta ORANG 1 Apakah kamu tanah……… ORANG 2 Kamukah air……… ORANG 3 Barang kali kamu tanah. merapikan.. tempat kamu barasal dan akan kembali . udara. TIGA ORANG Bolehkah aku bertanya? ORANG 1 eeeeee….sang pencipta.kembalilah ke air. ORANG 2 Dari manakah kamu? ORANG 3 Aku melihat orang-orang lalu lalang.. aku dari cinta. dan berabad-abad ORANG 3 Siapa kamu. ada sesuatu yang indah.air…. ORANG 2 Aku mencarinya. bulan.. siapa kamu.bolehkah aku bertanya. sangat menarik darimi.bo….bo…..membersihkan kasur. air. berhari-hari.kembalikan aku kepadanya. aku melihat sesuatu nasihat yang terukir dari surga. kemudian menariknya pelan-pelan.

aku dari cinta. dimana. bagaimana? Aku ingin mengenang. betapa indah aku.bagaimana? Aku ingin mengikuti jejak yang kau sunting lewat tanah Menyamai benih kerinduan.dimana. dari mana mereka berasal dan kemana akan kembali. SESEORANG Ya. Bila aku penguasa cinta. dimana. akulah makna…. orang-orang lupa Tuhannya. bagaimana? Aku ingin mengikuti jejak yang kau sunting lewat tanah Menyemai benih kerinduan Bila aku penguasa cinta Akan aku berikan kasih dan sayang pada orang Yang tulus memaknainya dengan keabadian Agar yang terberai bisa bersatu ORANG 1 Kamukah perempuan yang ku cari? ORANG 2 Aku selalu mengenang dan merindukanmu ORANG 3 Kamukah perempuan itu. tempat aku berasal dan akan kembali SESEORANG Orang-orang mulai lupa. aku cinta. Bila cinta adalah nafasmu Aku ingin melarutkan diri di etiap detak jantung Di saat helaan nafas sedih dan gembiramu Aku ingin mengenang. bahwa udara mengawali cinta Entah apa. bahwa udara mengawali cinta Entah apa. bahwa udara mengawali cinta Entah apa. aku cinta.TIGA ORANG Aku cinta. TIGA ORANG Aku cinta. Orang-orang tinggalkan agama. . perempuan makna yang kucari? Bila cinta adalah nafasmu Aku ingin melarutkan diri disetiap detak jantung Disaat helaan nafas sedih dan gembiramu Aku ingin mengenang.

aku slalu menjaga mu..Yang tulus memaknainya dengan keabadian Agar yang terberai bisa bersatu.jangan ngompol.diatasnya banyak sekali boneka..tersenyum.jangan gelisah.2. ayo nak.C SUDAH DIPANGGUNG. jangan nakal. jangan pernah bersedih. belajar berjalan. ayo mandi dulu.minum yang banyak.3 kamukah perempuan itu?apakah kamu ibundaku? Seseorang (keluar dari panggung sambil berkata) Kamu pernah aku lindungi Akulah negaramu.ayo mandi dulu…tersenyumlah nak. jangan gelisah.itu bapak sudah datang.belajarlah meraih mainanmu.B. jangan ngompo cup.belajarlah menggenggam. ini mainanmu.jangan nakal.aku bundamu Aku adalah cinta. A.jangan nangis ya… SESEORANG jadilah apa yang kamu inginkan (masih membagi-bagikan boneka) ..ada beberapa boneka yang digendong sambil membawa lampu teplok atau sambil menyapu jalan.C jangan menangis. A. 1.aku selalu menjagamu. malam sudah larut Lekas tidur.lekas tidur sayang…tidurlah yang nyenyak.aduuuh.B.ini mainanmu.3 apakah kamu ibundaku? LAMPU MATI A.aduh anak ku ngompol lagi.jangan pernah bersedih.anaku ngompol lagi.C jangan menangis.itu bapak sudah datang.cup.lekas tidur sayang…..C lekas tidur.belajarlah berjalan.B. Tidur yang nyenyak. belajar mengenggam.perempuan itu 1. A.cup. Ayo sayang minum yang banyak.2.boneka diletakkan di kereta bayi atau dibagi-bagikan.jangan nangis ya…. malam sudah larut (lalu dia mematung) Seseoarang keluar menarik kasur. Belajar mearaih mainan mu.ayo sayang.cup…cup…cup…ayo nak.BERLALU LALANG SAMBIL MENDORONG KERETA BAYI.B.

perempuan cinta yang memberi cinta.dengan rasa. SESEORANG Akulah ibundamu. tanah airmu…rumah kehidupanmu. 1.nafas untukmu agar kamu lebih baik anak-anaku…akulah tanah airmu.akulah darahmu.melebihi cinta diatas cinta yang pernah ada. C Kaulah gerakku.yang pernah merasai detak jantung dan aliran darahmu saat dirahimku…seperti kau telah merasai detak jantung dan aliran darahku.C Kamukah ibundaku? Kamukah perempuan cinta? SESEORANG Ya.2. A.bilaperlu aku berikan jantungku.jadilah penentu jalanmu Hidup adalah pilihan Kamu berhak memilih sukses atau gagal.Kamu berhak memilih jalan yang terbentang didepanmu Aku adalah busur dan kau adalah panah milik sang hidup Jadilah dirimu sendiri.untuk bahagia atau berduka Untuk berbagi atau kau miliki sendiri.melindungimu dengan cinta.B.B.pilihanmu adalah hak mu Dan kau bertanggung jawab terhadap setiap pilihan dan tindakanmu. seperti cintamu pada anak-anakku.3 Kamukah ibundaku? Tanah airku? .dan akan kembali lagi ketanah.aku yang pernah menjadi rumah kehidupanmu. B Kaulah nafasku. A Kaulah jantungku..C MENIRUKAN KATA-KATA SESEORANG SAAT MENDAPATKAN BONEKA… SESEORANG aku dari tanah. akulah ibundamu. A. B Aku akan melebihi cinta.

akulah perempuan itu.akulah tanah airmu. Akulah ibundamu… SELESAI . 1. Akulah orang yang mengajarimu mengenal tuhan.SESEORANG Ya. tanah air tercinta. Akulah darahmu. Akulah perempuan yang selalu disebut-sebut dalm setiap lembaran sejarahkehidupan. Akulah ibundamu. akulah ibu bumi yang selalu disebut-sebut.3 Kamukah yang selalu disebut-sebut ibu bumi? SESEORANG Ya.2.ibu bumi.akulah prasastimu yang akan selalu kau kenang.ibunda tanah air tercintamu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful