P. 1
Tutorial Setting Gabungan Access Point Tl Untuk Umum

Tutorial Setting Gabungan Access Point Tl Untuk Umum

4.89

|Views: 30,998|Likes:
Dipublikasikan oleh Feriawan Agung Nugroho
Ketika si boss memutuskan untuk memasang access point di perusahaan agar laptop dia dan tamu yang datang ke kantor bias terkoneksi speedy, saya sedikit bingung tentang bagaimana cara konfigurasinya. Setelah beli access point bermerk TPLink TL-WA601G dan terpasang…bener…meski kebaca di laptop tetep aja gak bias buat internetan.
Di manual user yang terdapat di dalamnya nggak berisi banyak hal, sementara CD kecil yang disertakan juga gak ada software yang disertakan. Dari sinilah kami , saya dan seorang rekan kerja, bereksperimen. Berikut hasilnya:
Ketika si boss memutuskan untuk memasang access point di perusahaan agar laptop dia dan tamu yang datang ke kantor bias terkoneksi speedy, saya sedikit bingung tentang bagaimana cara konfigurasinya. Setelah beli access point bermerk TPLink TL-WA601G dan terpasang…bener…meski kebaca di laptop tetep aja gak bias buat internetan.
Di manual user yang terdapat di dalamnya nggak berisi banyak hal, sementara CD kecil yang disertakan juga gak ada software yang disertakan. Dari sinilah kami , saya dan seorang rekan kerja, bereksperimen. Berikut hasilnya:

More info:

Published by: Feriawan Agung Nugroho on Apr 01, 2009
Hak Cipta:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

TUTORIAL SETTING GABUNGAN ACCESS POINT TL‐WA601G DAN MODEM SPEEDY  DALAM SATU SERVER di windows XP 

Ketika si boss memutuskan untuk memasang access point di perusahaan  agar laptop dia dan tamu yang  datang ke kantor bias terkoneksi speedy, saya sedikit bingung tentang bagaimana cara konfigurasinya.  Setelah  beli  access  point  bermerk  TPLink  TL‐WA601G  dan  terpasang…bener…meski  kebaca  di  laptop  tetep aja gak bias buat internetan.   Di manual user yang terdapat di dalamnya nggak berisi banyak hal, sementara CD kecil yang disertakan  juga gak ada software yang disertakan. Dari sinilah kami , saya dan seorang rekan kerja, bereksperimen.  Berikut hasilnya:  STEP BY STEP SETTINGAN AWAL TL‐WA601G  1. Saat  awal  computer  belum  dicolokkan  ke  AP,  kondisinya  dia  memiliki  3  buah  LAN‐CARD  yang  masing masing:  a. LAN CARD yang sudah terkoneksi MODEM SPEEDY (Ip address 192.168.1.28)  b. LAN CARD yang terhubung dengan HUB jaringan di kantor(IP address 192.168.0.1)  c. LAN  Card  yang  masih  kosong  ‐   nantinya  dicolokkan  ke  Akses  pont  (selnajutnya  saya  sebut sebagai AP)(Ip address 192.168.0.123)   Catatan:  Buat  anda,  Nomor  IP  itu  bisa  disesuaikan  dengan  kemauan  anda,  tetapi    harap  diperhatikan bahwa identitas nomor IP tiap komputer bersifat tunggal di tiap komputer yang  terjalin  di  sana.  Rumusan  umumnya  192.168.x.x  ataupun  untuk  jaringan  internal  kantor  biasanya 192.168.0.x sampai xxx. Untuk IP koneksi server lan biasanya 192.168.0.1.   Subnet masknya biasanya menyesuaikan dengan isian 255255.255.0  2. Kesulitan  terjadi  manakala  terdapat  kesamaan  antara  IP  Modem  dengan  IP  Akses  point  dalam  kondisi  default.  Yakni  192.168.1.1.  Maka,  ketika  dipanggil  menggunakan  browser,  yang  keluar  malah modem : 

 

Dengan  begitu,  saya  harus  menggunkan  komputer  lain  selain  server  yang  kosong  untuk  mengubah setting IP Address  Akses Point. Berikut langkah‐langkahnya:  ‐ ‐ ‐ ‐ Ubah IP Komputer yang terkoneksi Akses Point  menjadi 192.168.1.x  atau  beberapa  referensi lain menggunakan 192.168.17.2.  Sambungkan dengan AKses point  Panggil  di  browser  dengaan  http://192.168.1.1  dengan  begitu  sudah  bisa  masuk  kontrol  panel AP (Akeses Point).  Jika belum bisa atau blank, berarti setting IP akses point sudah berubah ataupun tidak dalam  kondisi static. Nah.....ini baru persoalan....Dengan cara apa kita bisa mendeteksi IP Address  akses point kita?  Saya menggunakan software MyLan Viewer untuk mengetahui IP address akses point yang  tercolok di komputer saya ini. Dengan melakukan klik scan dan tunggu beberapa saat, maka  muncullah alamat yang saya maksudkan.     

                     ‐

                            Jika sudah ketemu, maka langkah selanjutnya sangat gampang: tinggal ketikkan di browser  dengan  nomor  IP  di  atas:  192.168.0.11X...Hehe...dan  kemudian  dapat  juga  menggunakan  cara  yang  lebih  gampang:  kalaupun  tak  memiliki  software  mylan    viewer,  maka  lakukan  panggilan di browser dengan alamat: tl‐waa601g.mshome.net.  lihat dengan contoh berikut  ketika saya ketikkan di browser: 

  ‐ ‐ Password dan user name defaultnya adalah: admin dan anda sudah bisa masuk ke control  panel.  Klik network dan anda sudah bisa masuk ke opsi berikut: 

  Lihat, anda sudah bisa mengganti IP address di TP Link dengan IP address yang dikehendaki.  Di  atas  ternyata  settingnya,  tadinya  dynamic  dan  IP  addressnya  192.168.0.11x...ya  udah..saya jadikan aja yang tadinya dinamic jadi static  Setelah  itu,  access  point  saya  save  dan  saya  copot  untuk  saya  kembalikan  ke  server.  Di  server  bisa  saya  panggil  dengan  alamat  http://192.168.0.11x  ataupu  n  http://tl‐ waa601g.mshome.net.      

NOTE:  Jika “ndilalah” alias kebetulan anda lupa bahwa settingnya terlanjur menjadi dynamic, anda  bisa melacak dengan software MyLan Viewer. Lakukan scanning IP address sampai selesai dan  temukan IP address dengan identitas:  tl­waa601g.mshome.net.   

  ‐ ‐ Rampung  dengan  urusan  setting  IP,  maka  dilanjutkan  dengan  beberapa  penambahan  dan  perubahan:  Masuk ke setting wireless dan kemudian isikan identitas jaringan hotspot anda. Penamaan  itu dapat dilakukan di FORM wireless setting di bagian SSID dan sesuaikan lainnya. 

‐ ‐

  Selesai  dengan  setting  basic,  kemudian  masuk  pada  wireless  mode  yang  disetting  sebagai  access point:  

‐ ‐

  Pada  bagian  security  settings  tersedia  berbagai    model  keamanan.  Saya  pilih  yang  paling  simpel  aja,  yakni  dengan  mode  WEP  dengan  type  automatic  dan  Formatnya  ASCII.  Isikan  passwordnya  sesuai  dengan  key  tipe  yang  ada.  Semakin  panjang  keytipenya  maka  akan 

semakin  panjang  passwordnya.  Semisal  64  byte  ternyata  hanya  6  digitl  dan  ketika  128  membutuhkan 13 digit password.  

  Pemberian password di atas mengakibatkan jika ada komputer atau laptop mencoba masuk  area dan hendak mengkoneksi jaringan kantor, maka akan ada opsi pengisian password.  ‐ Untuk  setting  lainnya  saya  abaikan,  karena  toh  jika  tidak  digunakan,  akses  point  ini  saya  matikan. Anda boleh mempelajarinya sendiri.   ‐ Jika sudah, save dan biarkan akses point itu restart ataupun refresh....  ‐ Nah, sampai sini silahkan diuji...sudah konek ke Laptop? Belum? Kalau belum ikuti langkah  selanjutnya:  3. Jika  internet  sudah  menyala,  modem  menyala,  LAN  jaringan  menyala  dan  access  point  sudah  disetting sebagaimana langkah di atas, lakukanlah pembuatan jaringan networking agar semua  koneksi teraliri internet:  a. Masuk  ke  opsi  pembuatan  jaringan  (network  setup  wizard)  dengan  cara:  tekan  start>  setting> control panel  ‐ ‐ b. Dari Control panel tekan Network setup wizard   

c.

 

d.

 

e.

 

f.

 

g. perhatikan gambar di atas, bahwa saya melakukan centang atau contreng yang nantinya  menjadi  koneksi  jembatan  ataupun  BRIDGE,  yang  berarti  menjadikan  satu  koordinasi  antara  LAN  Jaringan  di  Kantor  dengan  Akses  Point.  Tujuannya  adalah  agar  keduanya  dapat teraliri oleh internet. Lalu, lanjutkan langkah di bawah….   

h.

 

i.

 

j.

 

k. l. Dan tunggu sampai selesai....  m. Hasilnya sebagai berikut: 

 

  Nah, jika sudah, silahkan dicoba di jaringan LAN dan  wireless LAN. Seharusnya sudah bisa  terkoneksi  semua.  Jika  belum,  hehe...teliti  lagi  langkah  di  atas....  ping  semua  jaringan  sehingga semua bisa terdeteksi, periksa DNS server dan juga Gatewaynya.....  Semoga Sukses  Feriawan  www.teroriscinta.blog.friendster.com 

You're Reading a Free Preview

Mengunduh
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->