Anda di halaman 1dari 3

Mio Lari Kenceng

Biar Mio Kamu Bisa Tambah Kenceng Larinya Tapi Tetep Irit
Roller weight
Part ini posisinya ada di balik puli depan (primary sliding shave) jumlahnya ada 6 buah,
berat yang standar adalah 10,6 gram, kalau pakai bobot yang lebih ringan dari standar,
efeknya akselerasi di putaran bawah jadi lebih enteng, kalo pake yang lebih berat untuk
mengejar top speed, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Di pasaran tersedia
bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp. 15.000.
Rumah roller (Primary sliding shave)
Part ini sebagai tempat roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara menghaluskan alur
roller dengan amplas lalu kemudian dipoles menggunakan autosol, sehingga alur
menjadi licin. Efeknya roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi menjadi ringan.
Kalo mau lebih praktis bisa beli merek Kitaco. Dalam satu paket berisi puli sekalian 2
macam bobot roller(7,5 gr dan 10 gr).
V- Belt
Pakai belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur.
Sehingga bisa mengurangi power lost. Belt aftermarket yang beredar berkisar antara Rp.
80.000. hingga Rp. 250.000. Cara ini bisa meningkatkan tenaga sekitar 5% dan bahan
bakar lebih hemat 8-10%
Per CVT
Bisa diganti dengan yang tekanan pegasnya lebih keras, efeknya akselerasi menjadi
lebih galak. Bisa juga dengan cara mengganjal per CVT standar, namun cara ini tidak
direkomendasikan. Per CVT aftermarket di pasaran berkisar antara Rp. 50.000 sampai
Rp. !00.000, sedangkan model pengganjal harganya Rp. 70.000.
Kopling Sentrifugal dan teromol
Cara kerja kopling sentrifugal (KS) CVT, hampir sama dengan KS pada motor bebek,
bedanya pada CVT KS tidak terendam oli/ kering. Cara kerjanya, pada putaran tertentu
ketiga kampas kopling terlempar keluar. Kampas menempel pada teromol lalu
kemudian berputar bersama-sama. Tinggi rendahnya RPM agar bisa melempar kampas
(gaya sentrifugal) tergantung dari kekuatan pegas. Pada mio standar bekerja pada 3.000
rpm. Agar lebih responsif pakai pegas yang kekerasannya lebih rendah. Misal, pakai
pegas sentrifugal CLD. Bekerja pada 1.500. rpm. Jadi pada rpm yang lebih rendah motor
sudah bisa jalan. Harganya Rp. 60.000. Ada juga merek LHK yang lebih lengkap, terdiri
dari pegas dan kampas yang bekerja pada rpm yang lebih rendah, juga teromol yang
dindingnya beralur sehingga mengurangi slip pada kopling, namun harganya mahal,
yaitu sekitar Rp. 660.000./set.
BIKIN MIO IRIT DAN KENCENG (bag I)
Pake mio emang nyaman, tinggal narik gas lgsung ngejos, ngga perlu nginjek
perseneling atau narik kopling lagi. Cocok banget buat cewek, walaupun banyak juga
cowok yang pake tapi banyak yang ngeluh kalo mio itu boros, ada juga yang bilang mio
tenaganya kurang galak. Kalo mau mio kamu lebih irit tapi kenceng bisa coba trik yang
satu ini:
Triknya adalah optimalisasi tiga bagian kendaraan, yaitu mesin, pengapian dan tranmisi
(CVT), juga aplikasi alat penghemat BBM. Saya sudah coba di mio saya, dan hasilnya,
mantab! Motor makin kenceng, tapi irit.
Bagian I: Mesin
Targetnya adalah optimalisasi pasokan bahan bakar ke combustion chamber.
Porting-Polishing

Menghaluskan saluran masuk/ intake manifold dan saluran buang/ exhaust manifold
(porting-polishing) sehingga aliran bahan bakar lebih lancar masuk ke ruang bakar, dan
gas buang lebih cepat terbuang dari ruang bakar. Untuk saluran masuk jangan terlalu
halus cukup dihilangkan bagian- bagian yang dapat menghambat aliran bahan bakar,
karena tekstur pada intake manifold masih diperlukan untuk memecah bahan bakar yang
masih berupa gumpalan agar tercampur dengan udara. Ini bisa menaikan tenaga mio
kamu sekitar 5%.
Klep & per klep
Klep perlu di skir agar tidak ada kebocoran kompresi, bila mau bisa diganti dengan klep
racing, di pasaran ada merek TK yang mempunyai desain gagang yang lebih optimal
menyalurkan bahan bakar.
Per klep perlu diganti dengan per yang lebih keras, bisa menggunakan per klep racing
merek CLD, harganya sekitar Rp. 120.000. sehingga buka- tutup klep lebih optimal,
karena pada RPM tertentu klep masuk dan buang terbuka pada waktu yang hampir
bersamaan ini mengakibatkan mesin ngempos, atau terjadi knocking. Ini bisa menaikan
tenaga mio kamu sekitar 5% dan menghemat bahan bakar sekitar 5%.
Karburator
Karburator mio menggunakan system vacum, yaitu buka-tutup skep diatur oleh
kevakuman pada intake manifold. Masalah yang sering terjadi adalah karet vakum lemah
atau skep yang terbuat dari plastik tergores sehingga buka-tutup skep terganggu. Periksa
bagian ini apabila terdapat gejala seperti di atas sebaiknya skep dan karet vakum
diganti, sekalian juga ganti spuyer dan baut setelan, karena biasanya pada bagian ini
komponen sudah tidak presisi lagi. Biar lengkap beli aja repair kit karburator untuk mio,
harganya sekitar Rp.20.000.
BIKIN MIO IRIT DAN KENCENG (bag II)
Bagian II: Komponen Pengapian
Targetnya adalah bikin pengapian lebih besar dan stabil, sehingga pembakaran lebih
sempurna
CDI
Agar pengapian lebih optimal dianjurkan mengganti CDI dengan type Racing. Type racing
sudah menganut system unlimiter dan kurva pengapian yang lebih baik. Banyak merek
yang bikin khusus untuk mio seperti XP, BRT, TDR, atau yang harganya lebih bersahabat
beli aja merek Varro harganya sekitar Rp. 175.000. komponen ini bisa bikin mio kamu
lebih hemat bahan bakar sekitar 10-15% dan tenaga mio kamu naik hingga 15%.
Koil
Ganti aja koil dengan koil yang kemampuannya lebih baik, contohnya merek Blue
Thunder, komponen ini bisa meningkatkan percikan bunga api pada busi sehingga
pembakaran lebih optimal. komponen ini bisa bikin mio kamu lebih hemat bahan bakar
sekitar 10-15% dan tenaga mio kamu naik hingga 10%.
Busi
Bisa menggunakan busi iridium, kelebihannya adalah bunga api lebih besar dan
berwarna biru, material elektrodanya juga lebih kuat sehingga busi menjadi lebih awet,
apalagi bila sudah menggunakan CDI dan koil racing, biasanya busi ngga tahan lama.
komponen ini bisa bikin mio kamu lebih hemat bahan bakar sekitar 5% dan tenaga mio
kamu naik hingga 10%.
Pasang Coil Booster
Bisa pasang merek AVS Motomax, meningkatkan pengapian dan lebih stabil. Harganya
sekitar Rp. 180.000. bisa meningkatkan tenaga sekitar 5% dan bahan bakar lebih hemat
8-10%
Bagian IV: Aplikasi alat penghemat BBM
Agar lebih irit lagi bisa juga pasang alat penghemat BBM, yang sudah terbukti dapat
menghemat BBM hingga 60%, alat yang bisa dipasang antara lain:

Magnet penghemat BBM


Bisa menggunakan produk Ring Diesel-Bensin Type R khusus untuk sepeda motor. Cara
kerjanya adalah menyelaraskan ion-ion positif dan negative yang terkandung dalam
bahan bakar, sehingga ion-ion tersebut tersusun rapi. Kalori bakar bahan bakar naik
karena magnet akan memperbaiki kualitas bahan bakar. Pada produk ini juga
menggunakan cairan Newton, alat ini akan bekerja lebih optimal apabila sudah
digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bisa dibeli dengan harga sekitar Rp. 175.000.
alat ini bisa meningkatkan tenaga dan menghemat bahan bakar hingga 20%
Oksigen katalisator
Alat ini sebenarnya untuk mobil namun bisa juga dipasang di motor, berupa lempengan
yang dipasang pada filter udara. Mereknya Jet Magic. Cara kerjanya adalah
meningkatkan kandungan oksigen pada udara yang masuk ke karburator sehingga dapat
mencapai air-fuel ratio yang ideal dan pembakaran menjadi lebih optimal. Bisa
menghemat BBM sekitar 10%.
dapet copas
ARBIN