Anda di halaman 1dari 37

Istilah Marketing – A

Above The Line (ATL)

Suatu bentuk komunikasi yang menggunakan media massa (dan dipublikasikan


ke khalayak luas) seperti televisi, bioskop, radio, koran, internet, ponsel dan
OOH untuk mempromosikan merek atau menyampaikan suatu tawaran
spesifik.

Ad-libs

Iklan radio berupa teks tertulis yang dibacakan dan boleh di improvisasi oleh
penyiar.

Advertising

Suatu bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audiens (pemirsa,


pembaca atau pendengar) untuk mengambil suatu tindakan sehubungan
dengan produk, ide, atau jasa yang ditawarkan.

Ambient Brand

Keikutsertaan perusahaan dalam suatu gerakan sosial agar brand mereka


terasosiasi dengan gerakan tersebut, bukan untuk mempromosikan produk
tertentu. Dengan keterlibatan tersebut, perusahaan berharap agar brandnya
diposisikan disekitar nilai-nilai dan kebutuhan sosial.

Affordable method

Yaitu Perusahaan menetapkan biaya-biaya yang timbul, kemudian baru


memperkirakan berapa biaya promosi yang mampu dikeluarkan.

Advertorial

Iklan dalam bentuk editorial. Istilah “advertorial” adalah penggabungan dari dua
kata yaitu “advertisement/iklan” dan “editorial.”

Allocating

Yaitu menentukan pelanggan yang akan dituju

Advertising
Menawarkan barang/jasa dengan cara mengiklankan. Advertising dapat
diartikan sebagai salah satu jenis pemasaraan dengan menggunakan jasa
iklan. Dapat iklan beruupa iklan untuk media eletronik,cetak ataupun spanduk
banner dsb.

Alternative Advertisement

Adalah salah satu bentuk Out Of Home Advertising (OOH), iklan kreatif dan
unik seperti menempatkan mock up sebuah produk berukuran raksasa di
pinggir jalan.

Aksesori (accessories)

Yaitu modal yang berumur pendek alat dan mesin perlengkapan yang
digunakan dalam produksi atau kegiatan kantor, contoh : mesin fotokopi, mesin
fax, dan lemari arsif.

Istilah Marketing – B
Backdrop

Latar belakang panggung yang biasanya bertuliskan tema acara atau berupa
gambar/bentuk yang berkaitan dengan jalan cerita diatas panggung.

Backstage
Area di belakang panggung, termasuk kamar rias dan tempat dimana semua
pengisi acara dapat berkoordinasi dan beristirahat.

Banner Ad

Sebuah iklan grafis di halaman web yang biasanya memiliki ukuran lebar 468
pixel dan tinggi 60 pixel.

Barricade

Struktur mirip pagar yang biasanya terbuat dari besi, berfungsi sebagai
penghalang atau pembatas untuk mengontrol, mem-blok satu bagian tertentu.
Barricade banyak digunakan pada saat konser musik untuk membatasi jarak
penonton dari panggung, mengatur antrian tiket dan antrian di pintu masuk.

Below The Line (BTL)

Suatu bentuk komunikasi yang menggunakan media yang lebih terfokus (dan
disampaikan ke khalayak tertentu) seperti brochure, flyer, telemarketing, direct-
mail, point-of-sale, sales promotion untuk menyampaikan suatu tawaran
spesifik.

Brand Recognition

Tingkat minimal dari kesadaran merek. Hal ini penting pada saat seorang
pembeli memilih suatu merek pada saat melakukan pembelian. Recognition
yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengenali merek tersebut termasuk
dalam kategori tertentu.

Customer Feedback atau Umpan balik pelanggan adalah proses atau contoh
spesifik memberikan informasi kepada bisnis tentang produk, jasa dan layanan
pelanggan.

Brand Awardness

Brand awareness menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan para
pelaku usaha untuk memperkuat brand produknya.

Barrier To New Market Entry

Lack of Ownership/Kurangnya Kepemilikan, Anda tidak dapat memiliki layanan


dan Anda tidak dapat menyimpan layanan seperti Anda dapat menyimpan
produk. Layanan yang digunakan atau disewa untuk jangka waktu tertentu.
Misalnya ketika Anda membeli tiket pesawat untuk terbang ke Amerika Serikat,
Anda membeli layanan yang akan dimulai pada awal penerbangan dan berakhir
pada akhir penerbangan. Anda tidak dapat mengambil penerbangan pulang
pesawat dengan Anda.

Billboard

Adalah penggunaan papan tanda di sepanjang jalan raya untuk mengiklankan


berbagai macam produk, layanan, atau kegiatan. Secara umum, Billboard harus
cukup besar agar bisa terlihat dan terbaca dengan jelas oleh pejalan kaki,
pengendara atau penumpang kendaraan di sepanjang jalan.

Blocking Time

Pembelian jam siaran dengan durasi tertentu dari sebuah stasiun televisi atau
radio untuk diisi dengan program khusus dan iklan yang dimiliki oleh suatu
perusahaan/lembaga untuk tujuan kegiatan pemasaran, promosi atau
kampanye.

Brand

American Marketing Association mendefinisikan brand sebagai “nama, istilah,


desain, simbol, atau fitur lainnya yang mengidentifikasi produk atau jasa satu
penjual yang membedakan dia dari penjual lainnya. Istilah hukum untuk brand
adalah trademark (merek dagang). Sebuah brand dapat mengidentifikasikan
satu jenis item, sekelompok item, atau semua item dari penjual tersebut. Jika
brand digunakan untuk perusahaan secara keseluruhan, maka istilah yang lebih
lazimnya adalah trade name (nama dagang). ”

Branding

Merupakan kegiatan untuk membangun brand yang dilakukan secara


berkelanjutan, yang bisa berubah untuk mengakomodasi strategi pertumbuhan
dan perubahan lingkungan bisnis.

Brand Activation

Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan beragam media untuk


mengaktifkan brand dalam pikiran dan hati konsumen. Biasanya, brand
activation dibuat dalam bentuk event.

Brand Awareness

Brand awareness mengacu pada kemampuan pelanggan untuk mengingat dan


mengenali brand di bawah kondisi yang berbeda dan mengaitkan nama brand,
logo, jingle, dan lain-lainnya dengan asosiasi tertentu yang ada didalam
ingatannya. Ini membantu si pelanggan untuk memahami kategori apa produk
atau jasa dari brand tersebut dan apa produk dan jasa yang ditawarkan oleh
brand tersebut.

Brand Management

Penerapan teknik pemasaran untuk produk tertentu, lini produk, atau brand

Brand Promise

Merupakan janji dari suatu brand (dan apa yang telah dijanjikan di masa lalu).
Di sini, brand dapat mewakili kualitas, kinerja, kepercayaan, atau janji-janji
palsu yang selama ini disampaikan oleh suatu brand.

Business Unit

Adalah Suatu unit yang memasarkan sekumpulan produk-produk yang


berhubungan kepada suatu kelompok konsumen yang jelas.

Brochure (Brosur)

Iklan cetak yang biasanya dilipat atau dijilid, terdiri lebih dari satu halaman,
berisi informasi tentang produk, jasa, atau suatu kegiatan tertentu. Brochure
biasanya dipajang, boleh dibaca dan diambil oleh konsumen.

Branding

Adalah proses menggali potensi produk / jasa agar dapat dikenal oleh hal layak
ramai. tanpa harus kita perkenalkan produk / jasa tersebut orang telah
mengenalnya.

PR, meyampaikan pesan dengan membuat image berkala agar pesan produk /
jasa dapat diterima tanpa harus kita sendiri, jadi yang menyampaikan (melalui
orang ketiga) tidak butuh banyak dana untuk melakukannya, akan tetapi perlu
keahlian lobi yang cukup baik dalam hal ini.

Barang Konsumsi (consumer’s goods).

Yaitu barang yang dibeli oleh konsumen akhir untuk konsumsi pribadi.

Barang Nyaman (convencience goods)


Yaitu barang yang dibutuhkan konsumen dan dibeli tanpa menyediakan banyak
waktu dan upaya. Barang ini seringkali tidak memerlukan layanan, tidak mahal,
dan bahkan mungkin dibeli karena kebiasaan.

Barang Kebutuhan Pokok (staples goods)

Yaitu barang yang secara teratur dibeli oleh konsumen termasuk barag
nyaman. Contoh pasta gigi, sabun mandi, dan lain-lain.

Barang Dadakan (emergency goods)

Yaitu barang yang dibeli segera pada saat yang dibutuhkan. Contoh : payung
yang dibeli pada saat musim hujan dan termasuk barang nyaman.

Barang belanjaan (shopping goods)

Yaitu barang konsumsi yang dalam proses seleksi dan pembelian, pelanggan
biasanya membandingkan atas dasar seperti keserasian, harga dan gaya.
Contoh : ponsel dan alat elektronik.

Barang Belanjaan Homogen (homogenous shopping goods)

Yaitu barang belanjaan yang menurut pelanggan pada dasarnya sama dan
mereka menginginkan harga terendah dan termasuk barang berjalan. Contoh :
kulkas, TV dan mesin cuci.

Barang Belanjaan Heterogen (heterogenous shopping goods)

Yaitu barang belanjaan yang menurut pelanggan berbeda satu sama lainnya
dan ingin memeriksanya untuk mendapatkan produk yang bermutu dan tahan
lama. Contoh : kamera dan lain-lain.

Barang Spesial (Speciality goods)

Yaitu barang konsumsi yang memiliki karakteristik atau identifikasi merek yang
unik, karenanya kelompok pembeli yang signifikan bersedia melakukan upaya
khusus untuk membelinya, contoh : mobil sport merek ferari.

Barang tak dicari (unsought goods)

Yaitu barang yang mungkin konsumen tidak tahu tetapi biasanya tidak pernah
terpikirkan untuk membelinya.
Barang baru tak dicari (new unsought goods),

Yaitu produk yang menawarkan gagasan yang benar-benar baru yang belum
diketahui pelanggan potensial dan termasuk dalam barang yang tidak dicari.
contoh microsoft X Box.

Barang tak dicari secara regular (regulary unsought goods)

Yaitu semua produk yang tetap dicari sekalipun bukan berarti tidak akan pernah
dibeli selamanya. Contoh : ensiklopedia dan asuransi jiwa.

Barang Industri (Industrial Goods)

Barang industri yaitu barang yang dibeli oleh individu dan organisasi untuk
diolah lebih lanjut atau digunakan dalam menjalankan suatu bisnis.

Bahan baku (new material)

Yaitu bahan pengeluaran yang telah diolah seperti batangan kayu, biji besi,
gandum, yang diangkut kedalam proses produksi dengan sedikit penambahan.

Bagian dan bahan komponen

Yaitu barang pengeluaran yang telah diolah yang menjadi bagian dari produk
akhir. Contoh : suku cadang mesin, disk drives, komponen dan lain-lain.

Brand performance

Kemajuan teknologi memungkinkan penjual untuk menyampaikan daya guna


merek atau produk yang dipromosikan dengan lebih efektif.

Brand expansion

Keputusan yang harus dibuat oleh konsumen semakin meningkat karena


kualitas dan jenis merek yang semakin meningkat pula. Sales promotion
membuat para konsumen lebih mudah dalam menentukan keputusan.
Istilah Marketing – C
Consumer-oriented promotion

Aktifitas yang termasuk consumer-oriented promotion antara lain: menyediakan


sample, kupon, undian, potongan harga, bonus, event pemasaran, dan lain-lain.

CPC/Cost Per Click (Biaya Per Klik)

Ini pengertiannya sama saja dengan PTC, yang mana artinya kita akan
mendapatkan bayaran apabila iklan yang ada di web/ blog . contohnya yang
paling terkenal utk saat ini adalahJkita ada yang mengkliknya. Jadi semakin
banyak yang mengklik otomatis semakin tebal kantong anda.. hehe.. Google
Adsense.

CPM/Cost Per Million (Biaya per Seribu Impresi)

CPM ini menggunakan system Impression/ Page view, jadi kita akan dibayar
apabila iklan yang terpasang di web/ blog kita telah mencapai 1000 X di
tampilkan.

Catalog (Katalog)

Buku yang biasanya berukuran kecil dan berisi berbagai macam produk atau
jasa yang ditawarkan.

Classified Advertising/Classified Ad
Adalah iklan baris di surat kabar, halaman web atau majalah. Berukuran kecil,
berisi kalimat pendek, umumnya tanpa gambar dan tarifnya jauh lebih murah
dibanding display ad atau jenis iklan cetak lainnya. Classified ad kebanyakan
dipasang oleh individu/pribadi dengan item tunggal yang ingin mereka jual atau
beli.

Co-branding

Adalah ketika dua perusahaan membentuk aliansi untuk bekerjasama,


menciptakan sinergi pemasaran.

Confetti

Terbuat dari potongan kertas atau mylar dengan berbagai macam warna yang
dimasukkan ke dalam tabung silinder kemudian diberi tekanan gas dan
tombol/mekanisme untuk meluncurkan potongan-potongan tersebut ke udara.
Confetti banyak digunakan di acara peluncuran produk, konser, parade, dan
acara perayaan lainnya.

Baca juga Bauran Promosi: Pendahuluan, Pengertian, Lingkup, Konsep,


Elemen dan Contoh

Cost Per Acquisition (CPA)

Istilah Cost Per Acquisition atau Biaya Per Akuisisi digunakan untuk mengukur
jumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan (akuisisi).
Misal: untuk membuat/mensponsori suatu kegiatan, perusahaan mengeluarkan
biaya 1 juta rupiah, ternyata diakhir kegiatan, perusahaan berhasil menjual 100
unit produknya dengan demikian maka CPA nya adalah: Rp1.000.000 ÷ 100 =
Rp10.000

Sebaliknya, perusahaan juga bisa menetapkan CPA diawal dengan angka


tertentu sehingga pada saat team promosi atau penjualan meminta budget
maka acuan targetnya dihitung berdasarkan ketetapan CPA.

Cost Per Action (CPA)

(Kadang-kadang dikenal sebagai Pay Per Action atau PPA) adalah unit
perhitungan harga iklan online dimana pemiliki website dibayar untuk setiap
satu tindakan yang dilakukan oleh pengunjung situs terhadap iklan (misal:
melakukan pembelian, pengiriman formulir, dan sebagainya).

Cost Per Click (CPC)


Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website atau search
engine (mesin pencari) dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh
pengunjung pada iklan yang terdapat pada situs.

Cost Per Conversion

Menggambarkan biaya akuisisi per pelanggan, biasanya dihitung dengan


membagi total biaya dari kampanye iklan dengan jumlah yang melakukan
konversi. Definisi “konversi” disini bervariasi tergantung pada situasi; bisa
berarti pelanggan yang berminat, penjualan, atau pembelian.

Cost Per Impression (CPI)

Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar
berdasarkan jumlah penayangan iklan di halaman web. Yang dimaksud dengan
satu “impression” disini adalah tayangan iklan sebanyak satu kali pada halaman
web. Setiap kali sebuah iklan muncul di browser pengguna, server iklan akan
menghitungnya sebagai satu kali “impression”. Namun, server iklan dapat
diprogram untuk tidak menghitung aktivitas re-load yang dilakukan oleh
pengguna, atau aktivitas lainnya yang telah disepakati antara pengiklan dan
perusahaan iklan.

Cost Per Lead (CPL)

Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar
berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan sign-up
(registrasi/pendaftaran) melalui situs web tersebut. Sign-up yang dimaksud
disini biasanya terdiri dari data-data pengunjung situs seperti nama, alamat
email, alamat tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Cost per thousand impressions (CPM)

Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar
berdasarkan penayangan per seribu kali di halaman web atau media cetak.

Harga total yang dibayarkan dalam kesepakatan CPM dihitung dengan cara
mengalikan tarif CPM dengan jumlah unit CPM.

Misal, satu juta tayangan dengan biaya Rp10 CPM sama dengan harga total
Rp10.000

1.000.000 ÷ 1.000 = 1.000 unit

1.000 unit X Rp10 = Rp 10.000


Contoh lain:

1. Total biaya untuk menjalankan iklan adalah Rp15.000

2. Total pemirsa/pembaca adalah 2.400.000 orang

3. Hitungan CPMnya adalah: CPM = (Rp 15.000/2.400.000) * 1000 = Rp6,25

Cost Per Time (CPT)

Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar
berdasarkan jumlah hitungan waktu tertentu. Ini berbeda dengan Cost Per
Impression (CPI) yang dihitung berdasarkan jumlah tayang. Sistem CPT
memungkinkan iklan untuk tayang berkali-kali tanpa batasan selama jangka
waktu kontrak. Ada beberapa situs/kontrak yang menjamin jumlah tayangan
minimum. Jangka waktu dalam kontrak CPT bisa sesedikit satu jam atau
sepanjang satu tahun.

Click Through Rate (CTR)

Adalah cara mengukur keberhasilan kampanye iklan online. Perhitungan CTR


adalah jumlah klik pada iklan dibagi dengan berapa kali iklan tersebut
ditayangkan. Hasil perhitungannya ditampilkan dalam bentuk persentase.

Misal, jika sebuah iklan banner ditampilkan 100 kali (100 tayangan) dan dari
total tayangan tersebut hanya mendapatkan satu klik maka CTRnya adalah 1%.

Cue Card

Juga dikenal dengan istilah Note Card adalah kartu/kertas berisi tulisan yang
membantu aktor/pembawa acara/MC untuk mengingat apa yang harus mereka
katakan.

Competition for shelf space

Sales promotion membantu para pengusaha pabrik untuk memenangkan shelf


space dan membantu penjual menarik peningkatan kepadatan lalu lintas
pertokoan dan penggunaan sumber penghasilan yang terbatas.

Competitive-parity method

Yaitu biaya promosi ditetapka atas dasar biaya promosi rata-rata yang
dikeluarkan oleh industri. Biaya promosi akan meningkat jika biaya promosi
pesaing meningkat, sedang jika biaya promosi pesaing turun maka biaya
promosi perusahaan juga akan turun.

Casette banner stands

Pada saat terpajang, banner ini akan tampak serupa dengan roll-up banner.
Wadah atau cangkangnya sama-sama terbuat dari bahan aluminium.
Perbedaannya, grafis pada roll-up banner tidak dapat diganti dengan seketika
sementara pada jenis cassette banner stands, grafisnya berbentuk gulungan
dan dimasukkan kedalam wadah/cangkang, serupa dengan memasukkan roll
film kedalam kamera. Grafis tersebut bisa diganti setiap saat sesuai kebutuhan.

Istilah Marketing – D
Digital Marketing

Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet.


Digital Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing,
Online Marketing, Search Marketing atau e-Marketing.

Direct Marketing

Direct Marketing adalah sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi


secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respons atau
transaksi. Respons yang dihasilkan bisa berupa inquiry, pembelian, atau
bahkan dukungan.

Istilah lainnya adalah Penjualan secara langsung, atau sistem pemasaran yang
bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk
menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi.
Dalam direct marketing, komunikasi promosi ditujukan langsung kepada
konsumen individual, dengan tujuan agar pesan-pesan tersebut ditanggapi
konsumen yang bersangkutan, baik melalui telepon, pos atau dengan datang
langsung ke tempat konsumen.

Distribusi Insentif

Distribusi ini dapat digunakan oleh para produsen yang menjual komponen
perusahaan yang berusaha menggunakan penyalur terutama pengecer
sebanyak-banyaknya untuk mendekati para konsumen. Usaha ini dimaksudkan
untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen, semakin cepat para
konsumen terpenuhi kebutuhannya maka semakin cepat pula terpenuhi
kepuasannya.
Distribusi Selektif

Perusahaan yang menggunakan distribusi ini berusaha memilih sejumlah


pedagang besar atau pengecer, agen yang terbatas dalam suatu daerah.
Saluran ini biasanya digunakan untuk memasarkan suatu produk baru (barang
special) apabila distribusi ini menguntungkan dari distribusi insentif maka
jumlah pengecer atau agen yang digunakan akan lebih terbatas.

Direct Selling (Penjualan Langsung)

Adalah Metode penjualan barang dan/atau jasa tertentu kepada konsumen


dengan cara tatap muka di luar lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran
yang dikembangkan oleh Mitra Usaha dan bekerja berdasarkan komisi
penjualan, bonus penjualan dan iuran keanggotaan yang wajar.

Diferensiasi produk

Adalah upaya dari sebuah perusahaan untuk membedakan produknya dari


produk pesaing dalam suatu sifat yang membuatnya lebih diinginkan. Beberapa
produk dibedakan dan produk pesaing oleh kualitasnya.

Distribusi Ekslusif

Saluran ini dilakukan oleh perusahaan dan hanya menggunakan suatu


pedagang besar atau pengecer dalam daerah tertentu. Jadi produsen hanya
menjual produknya kepada suatu pedangang besar saja dengan mengunakan
satu penyelur, maka produsen akan lebih mudah dapat mengadakan
pengawasan pada tingkat harga enceran maupun usaha kerja sama dengan
penyalur dalam periklanan. Pemilihan saluran distribusi merupakan suatu
masalah yang sangat penting sebab keterlambatan barang-barang sampai
ketangan kosumen dapat menturangi keuntungan yang diterima oleh
perusahaan.

Direct Mail

Adalah cara beriklan melalui surat yang dikirimkan langsung kepada konsumen,
bisa berupa brochure, catalog, CD trial gratis, aplikasi kartu kredit, dan lain
sebagainya.

Direct mail dikirim kepada pelanggan berdasarkan kriteria tertentu seperti umur,
pendapatan, lokasi tinggal, profesi, dan lain-lain.

Display Advertising/Display Ad
Adalah jenis iklan koran dan majalah yang biasanya berisi kombinasi teks, logo,
foto, peta lokasi atau gambar lain. Display ad bisa berwarna (FC=full color)
ataupun hitam putih (BW=black and white).

Istilah Marketing – E
effective Cost Per Action (eCPA)

Digunakan untuk mengukur efektivitas iklan yang dibeli oleh pemasang iklan
melalui sistem CPC, CPI atau CPM. eCPA memberikan gambaran kepada
pengiklan perihal jumlah biaya yang akan mereka keluarkan andaikan
pembelian iklan dilakukan dengan sistem yang berbasis Cost Per Action (CPA)
dibandingkan CPC, CPI, atau CPM.

effective Cost Per Mille (eCPM)

Digunakan untuk mengukur efektivitas iklan yang dibeli oleh pemasang iklan
melalui sistem CPA, CPC atau CPT. eCPM memberikan gambaran kepada
pengiklan perihal jumlah biaya yang akan mereka keluarkan andaikan
pembelian iklan dilakukan dengan sistem yang berbasis Cost Per Mille (CPM)
dibandingkan CPA, CPC, atau CPT.

E-Marketing

Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. E-


Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing,
Online Marketing, Search Marketing atau Digital Marketing.
Istilah Marketing – F
Fanfare

Adalah alunan musik yang diputar/dimainkan untuk menandakan suatu


pembukaan atau perpindahan sesi acara. Fanfare biasanya terdiri dari alat
musik tiup dan perkusi. Fanfare berdurasi pendek, diputar untuk menggugah
emosi dan membangkitkan semangat yang positif terhadap pendengarnya.
Contoh:

Favicon

Sebuah ikon/logo kecil yang digunakan oleh beberapa browser untuk


mengidentifikasi sebuah situs web. Ikon/logo kecil ini tampil disamping alamat
web.

Final Artwork (FA)

Adalah materi desain final yang sudah approved (disetujui) oleh klien untuk
dijadikan separasi film dan siap dicetak. FA ini dibuat oleh desainer grafis atau
art director, biasanya menggunakan Macromedia Freehand MX, Adobe
Illustrator atau Photoshop sesuai kebiasaan masing-masing dan sesuai
kebutuhan.

Flag Chain

Adalah materi promosi berbentuk bendera, kotak, segitiga atau lainnya dengan
ukuran kecil yang terbuat dari bahan plastik napfa, karton, atau sejenisnya.
Potongan lembaran-lembaran Flag Chain saling tersambung/terhubung antara
satu dengan lainnya oleh tali atau sejenisnya dan biasanya digantung sebagai
media promosi.

Flyer

Adalah satu lembar kertas, biasanya berukuran 8 ½ x 11 (A4), berisi informasi


terbatas tentang promosi kegiatan, produk atau jasa yang ditawarkan ke
konsumen dengan periode/batas waktu tertentu. Informasi yang tertera bisa
dicetak pada satu sisi atau kedua sisi kertas.

Front Of House (FOH)

Istilah ini biasanya digunakan dalam dunia pertunjukan (teater, konser, dll).
Dalam pertunjukan teater, FOH adalah bagian auditorium dan foyer dimana
penonton berada. Dalam dunia konser musik, FOH adalah area di depan
panggung dimana mixer dan sound engineer berada. Contoh FOH pada konser
musik:

Istilah Marketing – G
Global Brand

Adalah merek yang dibuat untuk mencerminkan nilai-nilai yang sama di seluruh
dunia. Global Brand melampaui asal-usul mereka dan menciptakan hubungan
yang abadi dan kuat dengan konsumen di seluruh dunia dengan berbagai
macam latar belakang budaya. Mereka adalah merek yang dijual di pasar
internasional. Beberapa contoh Global Brand adalah Facebook, Apple, Coca-
Cola, McDonald, KFC Mastercard, Sony dan Nike. Merek ini digunakan untuk
menjual produk yang sama di berbagai belahan dunia dan dianggap berhasil
karena produk yang terkait merek tersebut mudah dikenali oleh beragam
konsumen.

Istilah Marketing – H
Hanging Mobile

Adalah materi promosi yang bisa berbentuk dua dimensi (seperti bendera,
segitiga, bulat, mengikuti bentuk produknya seperti ponsel, botol shampo dan
lainnya) atau tiga dimensi (seperti bola, kotak, atau lainnya) yang biasanya
terbuat dari bahan karton, atau sejenisnya . Hanging Mobile digantung di area
penjualan.

Horizontal banners

Spanduk rentang yang dipasang secara horizontal dan biasanya berukuran


lebar 1m dan panjang 5m atau lebar 1m dan panjang 6m, pada umumnya
terbuat dari bahan kain atau vinyl. Kedua ujung grafis dipasangi penyangga
vertikal selebar kain/vinyl dan setiap ujungnya diikat dengan tali/kawat.

House Agency

Adalah Sebuah agensi iklan yang dimiliki dari dioperasikan oleh seorang
pengiklan, yang menangani klien-klien.

Heterogeneity/keheterogenan
Perusahaan memiliki sistem dan prosedur untuk memastikan bahwa mereka
memberikan layanan yang konsisten tetapi sangat sulit untuk membuat setiap
pengalaman layanan identik. Misalnya dua perjalanan pesawat identik mungkin
merasa berbeda dengan penumpang karena keadaan di luar kontrol maskapai
seperti kondisi cuaca atau penumpang lain di pesawat.

Istilah Marketing – I
Internet Marketing

Baca juga Pengertian Promosi Menurut Para Ahli: Definisi, Tujuan, Jenis
& Contohnya

Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet.


Internet Marketing juga dikenal dengan istilah Digital Marketing, Web Marketing,
Online Marketing, Search Marketing atau e-Marketing.

Intangibility/hal tdk dpt dipahami

Anda tidak dapat memegang atau menyentuh layanan seperti produk. Ini
becuase layanan adalah sesuatu yang pelanggan pengalaman dan
pengalaman bukan merupakan produk fisik.

Instalasi (instalation)

Yaitu barang modal yang penting seperti bangunan, hak atas tanah dan
peralatan besar.

Institutional advertising

Merupakan promosi yang mengiklankan konsep, ide, atau falsafah dari suatu
institusi.

Information gathering

Yakni melakukan riset dan intelijen pasar.

Inseparability/hal tdk dpt dipisahkan

Jasa tidak dapat dipisahkan dari penyedia layanan. Sebuah produk dapat
diambil dari produsen tetapi layanan tidak dapat diambil karena melibatkan
penyedia layanan atau wakilnya melakukan sesuatu bagi pelanggan. Sebagai
contoh sebuah perusahaan yang menjual jasa menyetrika kebutuhan
perusahaan untuk setrika pakaian untuk Anda.

Istilah Marketing – L
Losing Market Share

hilangnya pasar produk

Leaflet

Adalah satu lembar kertas berukuran 1/3 kertas A4, hamper seperti ukuran
daun (leaf). Lebih kecil dari Flyer, 3 lembar Leaflet sama dengan ukuran 1
lembar Flyer. Berisi informasi terbatas tentang promosi, kegiatan, produk atau
jasa yang ditawarkan ke konsumen dengan periode/batas waktu tertentu.
Informasi yang tertera bisa dicetak pada satu sisi atau kedua sisi kertas.

Load-In (LI)

Istilah yang biasa digunakan dalam dunia pertunjukan (teater, konser). Load-In
adalah proses dimana seluruh peralatan/perlengkapan untuk pertunjukan
seperti sound system, lighting system, rigging stage, dan lain-lain, dibawa dan
mulai dipasang di venue/area pertunjukan.

L-banner stands

Jenis banner ini sangat ringan dan tersedia dalam beberapa ukuran. Disebut L-
banner karena bagian atas dan bawahnya memiliki “klip” yang berfungsi untuk
menjepit grafis agar tidak terlepas dan dibagian belakangnya terdapat satu
tiang penyangga yang terhubung dari atas kebawah menyerupai bentuk huruf
L.
Load-Out (LO)

Istilah yang biasa digunakan dalam dunia pertunjukan (teater, konser). Load-
Out adalah proses dimana seluruh peralatan/perlengkapan untuk pertunjukan
seperti sound system, lighting system, rigging stage, dan lain-lain, dibawa
keluar dan mulai dibongkar dari venue/area pertunjukan.

Local Brand

Sebuah merek yang dijual dan dipasarkan (didistribusikan dan dipromosikan) di


wilayah geografis yang relatif kecil dan terbatas. Sebuah Local Brand (merek
lokal) adalah merek yang dapat ditemukan hanya dalam satu negara atau
wilayah. Ini dapat disebut Regional Brand (merek regional) jika daerah tersebut
meliputi lebih dari satu pasar metropolitan. Perusahaan global/multi nasional
juga bisa membuat Local Brand yang dikembangkan untuk pasar nasional
tertentu.

Loose Spot

Iklan yang diputar di radio. Iklan tersebut dibuat dengan merekam suara orang
yang membaca pesan tertentu yang ingin disampaikan, biasanya disertai
dengan musik latar belakang atau efek suara lainnya.

Pesan yang disampaikan antara lain adalah jadwal kegiatan, jenis produk atau
jasa yang ditawarkan, kapan produk atau jasa itu tersedia di pasar, periode
promosi, harga, bagaimana dan dimana produk atau jasa tersebut bisa
didapatkan oleh konsumen.

Label

Yaitu Cetakan pada produk yang berisi informasi lengkap mengenai produk
seperti nama, produk, isi, dan lain-lain.

Istilah Marketing – M
Marketing Research

Yaitu Aktivitas sistematis untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa, dan


memanfaatkan data berhubungan dengan aktivitas transfer dan penjualan
produk dan jasa dari produsen ke konsumen.

Millimeter Column (MMC)


Satuan ukuran untuk iklan Koran. Misal harga iklan adalah Rp 20.000 per MMC,
berarti Rp20.000 untuk biaya pemasangan iklan dengan ukuran tinggi 1 mm x
lebar 1 kolom.

Manajerial Global Produk

Dalam pengertian yang lebih luas dari sekedar bentuk secara fisik. Tetapi juga
meliputi segala variabel yang menyertainya, seperti kemasan, variasi produk,
kualitas, merek, fitur,/ciri khas, desain, ukuran, retur, layanan dan garansi yang
dapat ditawarkan kepada pasar dan dapat memeuaskan kebutuhan serta
keinginan konsumen.

Mural

Mural adalah setiap karya seni/iklan yang dicat atau diterapkan langsung pada
dinding, atap atau permukaan permanen besar lainnya. Pada umumnya Mural
mengikuti bentuk dasar dari bidang yang ditempatinya. Gambar atau grafis
secara harmonis dipadukan/mengikuti bentuk bidangnya.

Market Orientation (Orientaasi Pasar)

Dalam hal ini perusahaan menempatkan pelanggan sebagai inti dari bisnis.
Perusahaan mencoba memahami kebutuhan pelanggan dengan menggunakan
metode riset yang sesuai. Proses yang sesuai juga diterapkan untuk
memastikan informasi dari pelanggan sampai ke perusahaan. Inti dari semua
aktivitas yang dilakukan perusahaan berfokus pada pelanggan. Di sini
pelanggan sungguh menjadi raja.

Marketing plan/Rencana pemasaran

Adalah suatu bagian dari suatu desain untuk mencapai suatu tujuan. Tujuannya
dalah untuk menciptakan nilai bagi konsumen dalam kondisi tetap
menguntungkan perusahaan, atau dalam konsep pemasaran saat ini, suatu
hubungan yang saling menguntungkan. Rencana pemasaran merangkum
bersama penilaian Anda terhadap kebutuhan dan keinginan pasar, kekuatan
dan kelemahan pada organisasi Anda dan pada pesaing saat ini atau yang
diperkirakan, dan desain yang Anda buat untuk menciptakan nilai guna
memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen dalam kondisi tetap untung.
Rencana pemasaran berisikan rencana tindakan (siapa yang melakukan apa
dan kapan) dan visi, tujuan strategis, tujuan, serta sasaran.

Marketing job/ tugas pamasaran

Tujuan kegiatan pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan


konsumen. Hal ini jelas membuktikan bahwa kegiatan marketing tidak hanya
berfokus pada produk yang dihasilkan, tetapi lebih kepada pelayanan
konsumen. Marketing sebagai kunci utama bisnis memiliki tugas yang
kompleks. Tugas marketing harus dijalankan dengan baik, agar tercipta
keberhasilan bisnis.

Marketing mix/bauran pemasaran

Marketing mix atau yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi bauran
pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan
harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang
saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.

Jadi Pengertian Marketing Mix adalah suatu strategi pemasaran yang


menggabungkan beberapa elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang
dilakukan secara terpadu.

Managerial Accountability

Adanya peningkatan tekanan pada manajer pemasaran untuk bertanggung


jawab akan pengeluaran mereka, kegiatan sales promotion akan
mempermudah manajer pemasaran dalam menghitung segala pengeluaran,
karena hasil dari aktivitas sales promotion dapat dihitung lebih cepat dan lebih
mudah.

Marketing Competition

Persaingan penjualan suatu prodik dengan jenis yag sama.

Market Share

Pangsa pasar (Market share) adalah persentase pasar yang ditentukan dalam
ukuran unit maupun revenue dan dihitung berdasarkan specific entity. Market
share merupakan sebuah indikator tentang apa yang dilakukan sebuah
perusahaan terhadap kompetitornya dengan dukungan perubahan-perubahan
dalam sales.

Multi Level Marketing (Pemasaran Multi Tingkat)

Adalah Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan


Langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana
mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil
penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota
jaringan di dalam kelompoknya.
Istilah Marketing – N
Nominal Scale

Adalah Skala ukuran dimana angka-angka yang ada dihubungkan dengan


atribut-atribut suatu objek atau kelas objek, hanya untuk keperluan untuk dapat
mengenali objek-objek tersebut.

Nonprofit Marketing

Yaitu Pemasaran suatu produk atau jasa dimana penawaran tersebut tidak
dimaksudkan untuk mencari profit

Istilah Marketing – O
Online Marketing

Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet.


Online Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web
Marketing, e-Marketing, Search Marketing atau Digital Marketing.

Out Of Home Advertising (OOH)

Adalah iklan outdoor (luar rumah), komunikasi pemasaran ke konsumen ketika


mereka sedang “di jalan” di tempat umum, menunggu (seperti di terminal,
rumah sakit), dan/atau di lokasi komersial tertentu (misalnya di mall, trade
center, toko eceran). Format OOH jatuh ke dalam lima kategori utama yaitu:
billboard (papan tanda berukuran besar yang terpajang di pinggir jalan), mural
(iklan yang menggunakan sisi bangunan, atap dengan cara mengecat atau
menempelkan materi grafis), street furniture (misal tempat duduk di taman,
halte bis, street signage), transit (misal bis kota, angkutan kota lainnya) dan
alternative (iklan kreatif dan unik seperti menempatkan botol minuman
berukuran raksasa di pinggir jalan).

Ojective-and-task method

Yaitu metode ini merupakan metode yang terbaik. Berdasar pendekatan ini,
maka perusahaan terlebih dahulu menentukan tujuan promosi, menentukan
tugas/pekerjaan apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu baru
kemudian menentukan biaya yang dikeluarkan untuk tiap pekerjaan itu.
Istilah Marketing – P
Pamphlets

Dicetak di kertas untuk tujuan non-komersial, menyajikan argumen untuk


membujuk pembaca agar menyetujui/memahami tentang suatu topik (misal isu
mengenai daur ulang, pemanasan global, dll).

Pay Per Click (PPC)

Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website
dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung situs. model
iklan ini digunakan untuk mengalihkan pengunjung dari satu situs ke situs
lainnya.

Psychological Segmentation

Yaitu Tindakan mengelompokkan konsumen ke dalam kategori karakter dan


psikologis berdasarkan uji-uji atau prosedur yang sudah distandarisasi.

Place (distribusi/tempat)

Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi
kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat
dimana saja dibutuhkan.

Pay Per Lead (PPL)


Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website
dibayar berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan sign-up
(registrasi/pendaftaran) melalui situs web tersebut. Sign-up yang dimaksud
disini biasanya terdiri dari data-data pengunjung situs seperti nama, alamat
email, alamat tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Pay Per Sales (PPS)

Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website
dibayar berdasarkan jumlah penjualan yang secara langsung dihasilkan oleh
iklan pada website tersebut.

Primary demand advertising

Yaitu Periklanan yang berusaha mendorong permintaan untuk jenis produk


tertentu tanpa menyebutkan merk atau nama produsennya.

Product (produk)

Adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan
perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan
kebutuhan. Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-
lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu
setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen
melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri
dalam menciptakan produk.

Prospecting

Yaitu mencari pembeli dan menjalin hubungan dengan mereka. Prospecting


adalah langkah awal dalam proses penjualan. Prospek adalah orang yang
memiliki kemampuan untuk membeli, yang telah menunjukkan rasa tertarik
pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Produk dari targeting

Adalah target market (pasar sasaran), yaitu satu atau beberapa segmen pasar
yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan pemasaran. Kadang-kadang
targeting juga disebut selecting karena marketer harus menyeleksi.

Perishability/rusaknya

Layanan bertahan tertentu dan tidak dapat disimpan seperti produk untuk
digunakan nanti. Misalnya seorang desainer interior akan merancang properti
sekali. Jika Anda ingin mendesain ulang rumah Anda akan perlu membeli
layanan lagi.

Price (harga)

Merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen
merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing
perusahaan dalam merebut konsumen. Harga merupakan indicator dari pada
barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi
pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang
ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan
keuntungan bagi perusahaan.

Pole up tension banner stands

Banner yang memiliki 3 hingga 4 kaki dan satu tiang tengah yang berdiri tegak.
Tiang dapat diatur tinggi rendahnya sehingga ketinggian grafis bisa
disesuaikan. Pada ujung atas tiang terdapat bagian yang datar, tempat grafis
digantungkan.

Personal Branding

Orang dan karirnya dipasarkan sebagai brand/merek. Membangun personal


brand bisa berarti melakukan kegiatan/tindakan/aktivitas tertentu agar citra
positif atas diri seseorang bisa terbangun di masyarakat. Latar belakang, karir
yang dibangun dan track-record seseorang adalah personal brand orang
tersebut.

Process

Adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang


diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan.

Baca juga Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran [Penjelasan Lengkap]

Productivity and quality produktivitas

Adalah sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke


dalam hasil-hasil layanan yang dapat menambah nilai bagi pelanggan,
sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memuaskan
pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan.

People
Adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi
produk dan layanan (service production).

Physical evidence

Adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata


kualitas produk dan layanan.

Persediaan (supplies)

Yaitu barang yang tidak menjadi bagian produk akhir. Contoh : minyak
pelumas, tinta mesin tik.

Pushing strategi

Perusahaan dengan menggunakan personal selling berusaha mempromosikan


produknya ke retailer dan wholesaler saja, tidak ke end user. Strategi ini
biasanya menggunakan cara pemberian insentf seperti diskon(beli banyak),
materi-materi promosi, dan kerja sama iklan.

Pulling strategi

Iklan dan promosi penjualan merupakan contoh strategi pull ini. Dimana
produsen berusahaa menciptakan product awareness sehingga konsumen
akan mencari produk tersebut ke retailer. Kedua strategi ini sering kali
dilaksanakansecara bersamaan, unuk memberi efek yang lebih besar.

Percentage-of-sales method

Yaitu biaya promosi ditetapkan atas dasar prosentase ertentu dari


penjualan/prosentase dari estimasi penjualan.

Point Of Sale (POS)

Adalah titik penjualan, lokasi dimana transaksi/penjualan dan pembelian barang


dan jasa terjadi. Istilah lainnya yang sering digunakan adalah Point of Purchase
(POP).

Point Of Sale Materials (POSM)

Adalah materi promosi penjualan yang dipasang di dekat atau pada lokasi Point
Of Sale untuk menarik perhatian pelanggan ke produk, yang mungkin produk
baru atau penawaran khusus. POSM juga digunakan untuk mempromosikan
acara khusus. Contoh materi POSM adalah: banners, flag chain, dummy packs,
poster, flyer, hanging mobile, dan display stand. Istilah lainnya yang sering
digunakan adalah Point Of Purchase Materials (POP Materials) dan Point Of
Sale Display.

Poster

Adalah selembar kertas berisi informasi kegiatan, promosi produk atau jasa
yang dicetak dan dirancang untuk terpasang ke dinding atau permukaan
vertikal. Poster biasanya berisi teks serta gambar dan umumnya berukuran
40x60cm atau lebih besar.

Public Relations

Usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna


membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi
dan masyarakatnya.

Interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan


untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang profesional dalam
bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian
tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus menerus
karena public relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang
bersangkutan.

Pop-Up Ads

Adalah iklan internet yang mana pada saat pengguna meng-klik maka iklan
akan tampil di jendela browser baru.

Print Advertising/Print Ad

Adalah iklan cetak yang berisi informasi kegiatan, promosi produk atau jasa
yang ditempatkan di koran, tabloid, majalah, dan buletin. Print Ad biasanya
berisi teks dan gambar.

Promotion (Promosi)

Promosi adalah salah satu dari empat unsur marketing mix atau bauran
pemasaran (produk, harga, promosi, tempat). Ini adalah hubungan komunikasi
antara penjual dan pembeli untuk tujuan menginformasikan, membujuk, atau
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Promosi juga dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi perusahaan yang
menggunakan berbagai metode untuk menjangkau khalayak yang ditargetkan
dengan pesan tertentu untuk mencapai tujuan organisasi tertentu.

Proposal

Pengajuan usulan dan deskripsi tertulis tentang rencana pelaksanaan suatu


event (kegiatan). Proposal biasanya terdiri dari 7 bagian yaitu: latar belakang
pelaksanaan kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan, deskripsi detail kegiatan
(apa dan siapa saja pengisi acaranya), detail komponen biaya yang dibutuhkan,
kompensasi untuk sponsor/kategori sponsorship, lampiran contoh desain
material promosi, lampiran susunan panitia.

Production Orientation (Orientasi Produksi)

Dalam hal ini fokus perusahaan tidak pada kebutuhan pelanggan, melainkan
mengurangi biaya dengan melakukan produksi massal. Dengan mencapai
skala ekonomi tertentu, perusahaan bisa memaksimalkan profit dengan
mengurangi segala biaya.

Product Orientation (Orientasi Produk)

Perusahaan percaya bahwa mereka mempunyai produk yang superior,


berdasarkan kualitas dan fitur. Berdasarkan anggapan ini, mereka mengira
pelanggan akan menyukai juga produk tersebut.

Push marketing

Menggunakan jalur distribusi untuk melakukan push produk ke outlet-outlet


dimana konsumen bisa membelinya, atau menggunakan pull strategy yang
pada intinya ialah membangun daya tarik terhadap produk dan jasa melalui
berbagai media sehingga konsumen atau customer datang sendiri ke tempat
kita atau datang ke toko untuk membeli barang kita.

Pull marketing

Pull Marketing terjadi dengan dua cara pertama di generate dari advertising
offline sehingga orang mengakses karena baca di media lain tentang
keberadaan site kita, yang kedua ialah dari promo online dengan menggunakan
media digital seperti iklan di site lain, pasang search advertising, barter link, join
community dll.

PTC/Paid To Click (Di Bayar per Klik)


adalah kita dibayar apabila meng-klik dan melihat iklan-iklan yang di sediakan
oleh situs affiliate yang mana sebelumnya kita sudah menjadi membernya.

PPC/Pay Per Click (Membayar per Klik)

PPC Artinya kita akan dibayar apabila iklan yang telah dipasang di situs web/
blog kita ada yang mengclicknya.

PPS /Pay Per Sale (Membayar per Penjualan)

PPS Artinya kita mendapatkan bayaran/ komisi jikalau kita dapat menjual
produk/ jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan affiliate. System
pembayarannya adalah bagi hasil/ kita mendapatkan persentase dari harga
produk/ jasa tsb. Dalam hal ini kita sebagai resellernya, sebagai contoh
perusahaan yang sangat terkenal adalah amazon.com

PPL/Pay Per Lead (Membayar per Rekrutment)

PPL berarti kita akan mendapat bayaran apabila kita mampu merekrut
seseorang lalu mengisi kotak form pendaftaran yang disediakan untuk menjadi
member suatu perusahaan affiliate. Tapi syaratnya kita harus terlebih dahulu
menjadi membernya.

Roll-up banner stands

Banner yang memiliki wadah/cangkang yang terbuat dari bahan aluminium.


Grafis tergulung di dalam wadah/cangkang aluminium tersebut. Untuk
menampilkan, cukup menarik grafis dari dalam wadah/cangkang kemudian di
topang dengan satu tiang tengah yang berdiri vertical dibelakang grafis. Roll-up
banner ada yang memiliki satu sisi dan dua sisi tampilan grafis.

Rotating banner stands

Banner yang berputar secara horizontal (kiri-kanan atau sebaliknya),


membutuhkan listrik karena didalam rangkanya terdapat lampu yang berfungsi
untuk menerangi grafis. Grafis pada jenis banner ini terbuat dari bahan stiker
kemudian direkatkan pada bahan acrylic yang ditempelkan pada rangka.
Rangka pada umumnya terbuat dari bahan aluminium.

Rating

Adalah evaluasi peringkat atau penilaian sesuatu, dalam hal kualitas (misal:
rating kritikus terhadap sebuah novel atau tayangan televisi), kuantitas (misal:
seorang atlet yang dinilai statistik-nya atau penghitungan jumlah penonton
televisi/pendengar radio/pembaca koran), atau beberapa kombinasi dari
keduanya. Salah satu contoh rating agency adalah AC Nielsen.

Rigging

Peralatan rigging mencakup beragam alat yang digunakan untuk berbagai


kebutuhan. Definisi dasar dari Rigging adalah peralatan yang digunakan untuk
mengerek, mengangkat, mendorong atau menarik benda lain. Dalam sebuah
perhelatan konser musik outdoor, rigging digunakan untuk mengerek dan
menggantung sound system di sisi kiri dan kanan panggung.

Rundown

Adalah review susunan acara yang berisi ringkasan aktivitas, person in charge
(penanggung jawab atau yang bertugas) dan timing (waktu pelaksanaan) yang
harus diikuti oleh seluruh pengisi acara dan crew. Rundown mengatur apa yang
harus dilakukan pada waktu tertentu, siapa yang harus tampil dan apa saja
perangkat pendukung yang harus menyertai penampilan tersebut (misal: iringan
musik, pemutaran video, peluncuran kembang api, dan lain sebagainya).

Istilah Marketing – S
Sales Orientation (Orientasi Penjualan)
Di sini perusahaan berfokus untuk memproduksi produk, lalu mencoba
menjualnya ke target market. Tetapi masalahnya, kemungkinan besar
pelanggan tidak menyukai produk yang ditawarkan kepadanya.

Single Level Marketing (Pemasaran Satu Tingkat)

Adalah Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan


Langsung melalui program pemasaran berbentuk satu tingkat, dimana Mitra
Usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan
barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri.

Sistem pemasaran vertikal (VMS)

Yaitu sistem pemasaran ini terdiri dari produsen, pedagang besar, dan
pengecer yang merupakan satu kesatuan sistem dan mereka saling bekerja
sama.

Sistem pemasaran horisontal

Yaitu Sistem pemasaran horisontal terjadi bila terdapat dua atau lebih
perusahaan yang tidak berhubungan menggunakan sumberdaya secara
bersama-sama untuk mendapatkan keuntungan dalam pasar. Bentuk kerja
sama ini misalnya jonit venture.

Sistem pemasaran multi saluran

Karena perkembangan segmen pasar yang semakin luas, banyak perusahaan


menggunakan saluran pemasaran ganda atau multi channel marketing.
Manfaat dari penggunaan banyak saluran yaitu meningkatnya cakupan pasar,
menurunnya biaya penyaluran, dan penjualan yang semakin terarah pada
pelanggan. Selain manfaat, ada juga kelemahannya seperti timbulnya konflik
antar saluran serta kontrol yang semakin sulit. Untuk mengatasi konflik,
perusahaan dapat menggunakan saluran yang berbeda pada pelanggan yang
dituju misalnya, direct sales untuk pelanggan besar sedangkan telemarketing
untuk pelanggan sedang.

Sales Promotion

Adalah setiap inisiatif yang dilakukan oleh perusahaan yang bertujuan untuk
meningkatkan sales (penjualan), usage (penggunaan) atau trial (percobaan)
atas produk atau jasa. Contoh sales promotionadalah: pemberian hadiah pada
saat pembelian produk, penerapan harga khusus selama periode tertentu,
diskon belanja, kupon undian, beli 2 dapat 1, dan sejenisnya.
Selective demand advertising

Yaitu iklan dengan menyebutkan merk atau nama produsennya.

Sponsorships

Merupakan bentuk promosi yang ditujukan untuk menciptakan product


awareness serta menciptakan relationship. Perusahaan menggunakan
sponsorship agar memperoleh perhatian dari audience serta citra yang
diasosiasikan dengan aktivitas tertentu.

Search Marketing

Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet.


Search Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web
Marketing, e-Marketing, Online Marketing atau Digital Marketing.

Sales Cycle Bagi pembeli

Adalah langkah-langkah dalam mengambil keputusan membeli: Kesadaran


(Awareness), Pertimbangan (Consideration), Keputusan (Decision),
Penggunaan (Use). Bagi penjual, ini adalah langkah-langkah dalam
menghasilkan penjualan: Menemukan dan mengkualifikasikan pelanggan,
Menentukan produk atau jasa yang sesuai, Menerima Order.

Strategic Market Planning

Proses perencanaan yang menghasilkan keputusan bagaimana suatu unit


bisnis bisa berkompetisi maksimal di pasarnya. Strategic plan ini didasarkan
atas totalitas keseluruhan proses marketing yang ada.

Search Engine Optimization (SEO)

Adalah proses meningkatkan visibilitas sebuah website atau halaman web di


search engine melalui sistem “natural” atau hasil pencarian tidak berbayar
(“organic” atau “algorithmic”). Secara umum, semakin awal (atau semakin tinggi
urutannya di halaman web), dan semakin sering sebuah situs muncul dalam
daftar hasil pencarian, maka semakin banyak pula pengunjung yang akan
diterima dari pengguna mesin pencari. SEO dapat menargetkan berbagai jenis
pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, pencarian video,
materi pendidikan, berita, atau materi spesifik lainnya.

Slogan
Slogan adalah motto atau frasa yang digunakan dalam konteks politik,
komersial, agama dan lainnya sebagai ekspresi pengulangan dari sebuah ide
atau tujuan.

Soundcheck

Adalah persiapan yang terjadi sebelum konser, pidato, atau acara sejenisnya,
yaitu ketika para pemain/pengisi acara dan sound crew (kru suara) bersama-
sama melakukan uji coba pada sistem penataan suara untuk memastikan
bahwa semua peralatan berfungsi dengan baik, suara di area penonton/Front
Of House(FOH) dan diatas panggung dapat terdengar jelas, berada pada
volume dan tone frekuensi yang tepat.

Sponsor

Adalah individu, kelompok, atau organisasi/perusahaan yang memberikan


dukungan terhadap suatu kegiatan/acara tertentu.

Short-termism Sales promotion

Merupakan alat promosi yang dibutuhkan karena dapat bekerja dengan cepat
dan dapat memberikan dampak secara langsung.

Sponsorship

Mendukung suatu acara, kegiatan atau organisasi dengan menyediakan dana,


waktu, produk, jasa atau sumber daya lainnya yang bernilai bagi acara yang
disponsori. Sebagai imbalan, panitia biasanya akan mengikutsertakan brand
Sponsor pada materi publikasi dan menyediakan tempat serta ruang iklan di
lokasi acara bagi Sponsor untuk berpromosi dan melakukan aktivitas penjualan.

Stage

Dalam dunia teater atau konser, Stage adalah panggung pertunjukan yang
digunakan oleh pengisi acara untuk tampil dihadapan penonton.
Stage/panggung adalah fokal point bagi penonton.

Street Furniture Advertisement

Street Furniture adalah istilah yang digunakan untuk objek atau peralatan yang
dipasang/ada dijalanan yang berfungsi untuk berbagai tujuan. Contoh Street
Furniture adalah pembatas jalan, bangku, kotak pos, kotak telepon umum,
lampu jalan, lampu lalu-lintas, halte bis, toilet umum, dan sejenisnya.
Street Furniture Advertisement adalah pemanfaatan Street Furniture untuk
periklanan. Misal dengan menempalkan materi iklan di halte bis, kota telepon
umum, atau lainnya.

Istilah Marketing – T
Take One Box (TOB)

Adalah tempat penyimpanan Brochure atau Leaflet yang biasanya terbuat dari
bahan acrylic atau karton, ditempatkan diatas meja/counter agar mudah
dijangkau oleh konsumen.

Television Commercial (TVC)

Adalah iklan televisi berdurasi tertentu yang diproduksi menggunakan


kombinasi audio (suara) dan video (gambar) yang bertujuan untuk memasarkan
produk dan jasa.

Telemarketing

Telemarketing berasal dari kata Tele dan Marketing. Tele artinya jauh,
marketing artinya aktifitas pemasaran. Jika diartikan secara keseluruhan
telemarketing (biasa disingkat dengan TM) adalah aktifitas memasarkan produk
atau jasa melalui saluran komunikasi jarak jauh (telekomunikasi).

Memasarkan atau mensosialisasikan produk atau jasa usaha kita melalui


telepon. Untuk sekarang, biasanya cara telemarketing ini dipakai oleh beberapa
operator besar untuk menawarkan produknya. Menurut banyak ahli pemasaran,
penawaran melalui telemarketing cenderung mudah diterima, karena sifatnya
memang secara personal langsung ke konsumen.

The Line

Istilah The Line lahir dari definisi akuntansi yang mana above the line berarti
pengeluaran saat ini (current expenditure) dan below the line berarti belanja
modal (capital expenditure).

Through The Line (TTL)

Dalam beberapa tahun terakhir ini, klien dan agen periklanan telah beralih ke
“Pendekatan Komunikasi Terpadu (Integrated Communication Approach)”, atau
yang disebut dengan istilah pendekatan “Through The Line”.
Through The Line (TTL)

Penggabungan Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL) yang
digunakan untuk mengintegrasikan upaya pemasar dan mengoptimalkan
pengembalian dari investasi yang terpisah tersebut.

Transit Advertisement

Adalah salah satu bentuk Out Of Home Advertising (OOH), iklan yang
ditempatkan pada kendaraan umum seperti, kereta, bis kota, atau jenis
angkutan umum lainnya.

Targeting

Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian


memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani, atau bisa juga sebagai
proses mengalokasikan kelangkaan waktu penjual demi pembeli.

Targeting adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau


pasar. Targeting atau menetapkan target pasar merupakan tahap selanjutnya
dari analisis segmentasi.

Targeting adalah proses mengevaluasi segmen pasar dan memusatkan upaya


pemasaran pada negara, kawasan atau kelompok orang yang memiliki potensi
signifikan untuk beraksi secara positif terhadap stimulus pemasaran dari
perusahaan. Proses targeting mencerminkan kenyataan bahwa perusahaan
harus mengidentifikasi pelanggan yang dapat diakses dan dilayani secara
efektif dan efisien.

Menurut Ariadi Abimanju, targeting adalah mengenal segmen pasar yang telah
ditentukan dan merencanakan cara apa yang paling optimal agar segmen pasar
memberikan kemungkinan paling besar untuk membeli produk yang akan
dijual/dipasarkan. Penentuan targeting sangat tergantung dari hal-hal seperti
karakter produk, karakter segmentasi, dan tingkat persaingan pada segmen
yang sudah dipilih. Targeting ini menentukan kepada siapa target market dari
suatu produk, apakah kepada semua orang, sebagian orang atau orang-orang
tertentu yang memiliki kekhususan.

Trade-oriented promotion

Trade-oriented promotion meliputi kompetisi penjual, penghargaan bagi penjual,


pelatihan bagi penjual dan program-program lain yang diadakan untuk
memotivasi distributor agar berusaha lebih baik untuk memasarkan produk
kepada konsumen.
Tabletop banner stands

Ini adalah istilah untuk banner berukuran kecil yang biasanya ditempatkan
diatas meja. Bisa berbentuk roll-up maupun X-banner.

T-banners

Spanduk rentang yang dipasang secara vertikal. Bagian ujung atas dan ujung
bawah grafis dipasangi penyangga horizontal agar tidak bergoyang pada saat
tertiup angin. Pada umumnya T-banners memiliki ukuran lebar 0.9m-1m dan
tinggi 2m-3m. Materi grafis biasanya terbuat dari bahan kain, vinyl, triplek atau
papan alumunium.

Istilah Marketing – U
User Segmentation

Yaitu Pembagian pelanggan potensial ke dalam segmen-segmen berdasarkan


bagaimana dan untuk tujuan apa mereka menggunakan sebuah produk.

Istilah Marketing – V
Value Per Action (VPA)

Mengacu pada model bisnis pemasaran online yang mirip dengan sistem Cost
Per Action (CPA). Perbedaannya, Pada sistem Cost Per Action penjual hanya
membayar biaya iklan ketika konsumen mengambil tindakan (seperti
melakukan pembelian produk), pada sistem Value Per Action model tersebut
dikembangkan lagi dengan menambah komponen revenue sharing ke
konsumen. Semakin besar anggaran periklanan, maka semakin besar pula
terjadinya peluang penjualan sebab setiap rupiah yang dikeluarkan oleh
pemasar akan dibagi/di share ke konsumen dalam bentuk insentif pembelian.

Dua pemasar bisa saja menawarkan produk yang sama dengan harga yang
sama, namun memberikan insentif yang berbeda untuk konsumen melalui
sistem VPA ini.

Venue

Secara umum venue adalah tempat, tempat yang bisa berada dimanapun.
Dalam dunia konser, venue adalah lokasi pertunjukan, tempat dimana
pertunjukan akan dilangsungkan.
Viral Marketing

Adalah fenomena marketing yang memfasilitasi dan mendorong orang untuk


menyampaikan/ meneruskan pesan pemasaran ke orang lain.

Vertical banners

Umbul-umbul yang dipasang secara vertikal. Satu sisinya diikat pada tiang
bambu, kayu, atau besi sementara sisi lainnya dibiarkan bebas sehingga
berkibar tatkala ditiup angin. Pada umumnya vertikal banner memiliki ukuran
lebar 0.9m-1m dan tinggi 4m-6m. Materi grafis biasanya terbuat dari bahan kain
atau vinyl.

Istilah Marketing – W
Web Marketing

Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Web
Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Search Marketing, e-
Marketing, Online Marketing atau Digital Marketing.

Istilah Marketing – X
X-banner stands

Jenis banner ini berdiri dengan tiga kaki. Kempat ujung dari grafis diberi lubang
cincin kemudian dikaitkan ke rangka penyangga yang berbentuk huruf X. Agar
bisa berdiri tegak, ditengah rangka tersebut ditambahkan satu tiang penopang.
Tiang penopang ini bisa disetel naik-turunnya untuk memudahkan pengaturan
tingkat kemiringan banner.

Anda mungkin juga menyukai