Anda di halaman 1dari 3

Assalamualaikum Wr.

Wb 
Well,, aku bukannya bermaksud menggurui (karena aku sadar, ilmuku tentang agama juga masih belum
tingkat tinggi), Cuma ingin share sedikit ilmu agama yang InsyaAllah bisa bermanfaat bagi kita semua .

Wanita terindah itu adalah mereka yang mampu menjaga diri dan harga diri. Tak mudah mereka
terpengaruh oleh budaya yang merendahkan, bahkan mengeksploitasi wanita sendiri. Wanita terindah
ini adalah mereka, yang mampu menjaga agama mereka, sehingga orang menilai mereka sebagai berlian
kehidupan. (Muhammad Sholihin, La Tahzan for Woman:11)

‘Menjaga diri dan harga diri’, sesuatu yang sangat penting bagi kita wahai saudari muslimahku..
dengannya kita bisa menghindarkan diri dari fitnah dunia. ‘Mengenakan jilbab’ dan ‘tidak berpakaian
ketat’,, termasuk hal yang paling mendasar dan penting dalam menjaga diri kita, seperti yang dijelaskan
dalam Surat An-Nur ayat 31:
“Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman agar mereka menjaga pandangannya, dan
memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya), kecuali yang (biasa)
terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan
perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka . . . . (dst) “

Dan hadits: “Wahai Asma’, jika seorang wanita telah menjalani haid, maka tidak diperbolehkan baginya
dilihat kecuali ini dan ini.’ Beliau mengisyaratkan wajah dan kedua telapak tangannya.” (HR. Abu Dawud)

Duhai wanita-wanita muslimah, jilbab itu wajib untuk kita yang telah baligh. Tahukah kau? (kalau
belum, sekarang sudah tau kan ;p)

Pernah aku mendengar atau membaca (lupa dimana),, beberapa alasan mengapa wanita tidak/belum
mau pakai kerudung. Salah satu alasannya “p.a.n.a.s, bikin gerah, keringatan”… oh come on girls,, api
neraka jauh lebih panas lhoo! Mungkin awalnya memang merasa gerah, tapi lama kelamaan juga biasa
kok ^^. Toh kalian g 24jam pake kerudung kan.

Ada juga yang alasannya, “pake jilbab itu gak gaul, gak modis ah, nanti g ada yang memperhatikan”..
haduh haduh… kasiannya mereka yang bilang gitu, lebih mementingkan kesenangan duniawi yang fana
daripada kehidupan kekal di akhirat. Yang begitu biasanya sih mengidolakan artis2 macam, Tayl*r Swi*t,
Angelin* J*lie, Avr*l L*vigne, Em*a Wats*n, de el el … hei jeng, janganlah kalian meniru gaya hidup
mereka,, remember, they’re non muslim…

Banyak juga yg bilang “aku belum siap ah, ntar dulu, daripada nanti sering lepas pakai”… kalo kalian
emang niat dan tidak ragu-ragu, pasti bisa kok,, jangan menunda-nunda sesuatu, ingat: kita gak tau lho
sampai kapan batas usia kita. QS.Ali Imran:60 “Kebenaran itu dari Tuhanmu, karena itu janganlah
engkau(Muhammad) termasuk orang yang ragu-ragu”.

Ehmm ehmm,, di sini saya bukan ingin mengkritik atau menyinggung lhoo,, tp ingin meluruskan
beberapa pemahaman teman-teman yang salah tentang berjilbab dan berpakaian ;D.
Jilbab itu harus menutupi dada >> jilbab modis jaman sekarang, yang salah satu ujung jilbabnya di
lingkarkan di leher, atau dijepit di atas kepala, dimasukkan ke dalam baju, dsb yang tidak menutupi
dada,, pemakaian jilbab seperti itu salah say… jilbab itu bukan sebagai penutup rambut kita,, melainkan
penutup aurat mulai dari kepala hingga ke dada (kecuali muka, boleh terlihat). Jadi, berjilbablah sesuai
aturan Islam, jangan mengikuti tren-tren yang sebenarnya tidak sesuai dg syariah Islam. Jangan takut
berkerudung yang agak lebar/ besar,, g bakal dikira istrinya teroris kok, hehe…
Firman Allah QS.Al-Ahzab ayat 59:
“Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang
mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbab keseluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya
mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha
Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Tidak diperbolehkan berpakaian ketat dan tipis >> sering kali aku menjumpai perempuan2 remaja,
bahkan ibu-ibu, mereka memakai kerudung namun berpakaian ketat hingga menampakkan lekuk tubuh
mereka. Jeans ketat, legging, baju yang pendek yang mana jika mereka duduk maka akan terlihat bagian
pinggang belakang mereka.. Astaghfirullah hal Adzim…
Dari Abdullah bin Umar RA, dia menceritakan, aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Pada
akhir umatku nanti akan ada beberapa orang laki2 yang menaiki pelana, mereka singgah di beberapa
pintu masjid, yang wanita2 mereka berpakaian tetapi (seperti) telanjang, di atas kepala mereka terdapat
sesuatu seperti punuk unta yang miring. Laknat mereka, karena mereka semua terlaknat.” (HR. Ibnu
Hibban)
“Ada dua kelompok penghuni neraka yang belum pernah aku melihatnya, yaitu: Suatu kaum yang
bersamanya cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk mencambuk orang-orang, dan wanita2
berpakaian tetapi telanjang, genit, kepalanya seperti punuk unta yang miring, mereka tidak akan masuk
surga, tidak juga mencium bau surga, sesungguhnya bau surga tercium dari jarak ini dan itu.”
(HR.Muslim)

Berjilbablah dimanapun kau berada >> hmm,, menutup aurat kok hanya di sekolah sich??… ya, sering
saya bertemu teman atau adik/kakak kelas yang di sekolah berkerudung, tapi waktu jalan-jalan keluar
mereka menanggalkan jilbabnya. Di dalam rumah kita boleh kok tidak memakai kerudung, tapi kalau
keluar rumah, termasuk saat menemui tamu di teras, kita harus mengenakan jilbab lho, secara mereka
bukan muhrim kita. (hai teman2 SmaQ,, maaf ya sebelumnya, tapi sebenarnya saya sedikit kecewa  ,
knapa kalian yang berjilbab, waktu plajaran renang kerudungnya dilepas?? Knapa pakai celana pendek
atau legging yg ketat??)

Dilarang bagi muslimah memakai wangi-wangian yg tercium aromanya oleh orang lain >> Rasulullah
bersabda:
“Setiap wanita mana saja yang memakai wangi-wangian lalu dia berjalan melewati suatu kaum supaya
mereka mencium bau wanginya itu, berarti dia telah berzina.” (HR. Ahmad, An-Nasa’I, Abu Dawud, dan
Tirmidzi)
“Wahai sekalian manusia, laranglah wanita-wanita kalian memakai perhiasan dan wangi-wangian di
masjid, karena sesungguhnya bani Israel tidak dilaknat kecuali setelah wanita-wanita mereka memakai
perhiasan dan wangi-wangian di masjid.” (HR. Ibnu Majah)

Nah, semoga dengan sedikit info dariku ini bisa menggugah niat kalian untuk berjilbab dan memperbaiki
diri menjadi muslimah yang lebih baik ( saya jg sedang dalam proses menjadi muslimah yg lebih baik ).

QS.Ali Imran ayat 74: Dia menentukan rahmat-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah memiliki
karunia yang besar.

QS.Ali Imran ayat 138: Inilah (Al-Qur’an) suatu keterangan jelas untuk semua manusia, dan menjadi
petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

QS. An Nuur ayat 26: Wanita2 yang keji adl untuk laki2 yang keji dan laki2 yang keji adl untuk wanita2
yang keji(pula), dan wanita2 yang baik adalah untuk laki2 yang baik dan laki2 yang yang baik adalah
untuk wanita2 yang baik(pula).

Terima kasih atas perhatiannya. Wassalam ^^


(pengen bgt bisa ngucapin “Salam KMMF”…  amin)

Daftar Pustaka:
Syaikh Kamil Muhammad ‘Uwaidah, Fiqih Wanita
Muhammad Sholihin, La Tahzan for Woman