Anda di halaman 1dari 4

CARA KERJA FB ADS

DAN ANATOMINYA

>> Ayo Gabung ke Full Training Facebook Ads Untuk Pemula KLIK DI SINI <<

Assalamu alaikum warahmatullah, kembali bertemu dengan saya Ahmad Rehan dari
dapurfb.com di full training fb ads untuk pemula. Sekarang kita masuk pada hari kedua
training ini dan kemarin kita sudah bahas intro tentang kelebihan fb ads serta cara
mendapatkan ide produk yang lagi hot.

Saya harap anda sudah mencoba praktek dan sudah punya catatan atau setidaknya ancang-
ancang jenis produk apa yang akan anda pasarkan.

Saya ingatkan praktek itu penting. Program ini adalah training dengan sistem one day one
video/ satu hari satu video. Jadi kalau anda gak praktek maka anda akan ketinggalan
banyak hal. Adapun bagi anda yang belum bergabung dalam program training ini, silahkan
langsung mendaftar persis di bawah video ini dan anda akan dapat akses ke video training
ini dari awal.

OK, kita masuk pembahasan... kali ini saya mau bahas tentang cara kerja FB ads.
Bagaimana sih sebenarnya FB ads itu bekerja.

FB ads ini adalah iklan yang ditampilkan oleh facebook pada pengguna facebook yang sesuai
kriteria demografi yang kita inginkan. Masih ingat kemarin saya beri contoh misal target
kita adalah:

• Orang yang tinggal di indonesia,


• Wanita,
• 25-50 tahun,
• Suka cake, cookies dan coklat, dan
• Menggunakan iPhone misalnya.

Nah orang-orang yang sesuai kriteria inilah yang menjadi target audience dari iklan kita.

Itu yang pertama; jadi facebook mengatur sedemikian rupa sehingga iklan kita hanya
ditampilkan pada target audience kita.

Kemudian, iklan facebook ini akan muncul pada newsfeed atau pada right column. Yang
dimaksud dengan newsfeed itu yang ini, iklannya besar, disisipkan di antara status2 teman2
anda, fanspage dan berita lainnya. Adapun right column itu yang di sebelah kanan, yang
iklannya kecil.

ANTRIAN IKLAN

Nah, pertanyaannya, bagaimana jika pebisnis lain memasang iklan untuk audience yang
mirip atau beririsan dengan audience kita. Dalam kata yang sederhana, mereka
menargetkan sebahagian dari pengguna yang kita juga targetkan. Ini sangat mungkin
terjadi, karena misalnya kita sama-sama mengiklankan produk kosmetik, maka
kemungkinan besar audience dia mirip dengan punya kita.

Nah... kalau seperti itu, bagaimana iklan kita apakah akan bertabrakan dengan iklan dia?
Jawabannya tidak. Facebook punya pengaturan khas yang menjaga supaya iklan kita dan
iklan pebisnis lainnya tidak saling bertabrakan. Artinya sudah ada antriannya, dan sudah
diatur oleh facebook sedemikian rupa sehingga iklan-iklan itu tampil secara bergantian.

CPC dan CPM

Nah kemudian pada waktu kita memasang iklan, ada pilihan apakah kita mau pake budget
CPC atau CPM.
Secara garis besar dua ini, nantinya kita bahas lebih dalam lagi. CPC itu cost per click,
artinya kita membayar setiap iklan kita diklik, tidak peduli seberapa banyak iklan kita
ditampilkan.

Saya kasi contoh, semisal cost per clicknya adalah $0.01 kemudian ternyata iklan kita
setelah berjalan sehari, dia tampil sebanyak 2000 kali, dan diantara 2000 kali itu, dia diklik
70 kali. Maka yang kita bayar adalah 70 kali klik tersebut sebab kita memilih cost per click,
sehingga 70*0.01= $0.7. Itu perhitungan kasarnya.

Adapun dengan budget CPM, atau cost per million maka kita membayar berdasarkan
seberapa banyak iklan kita ditampilkan, satuannya adalah 1000 dan tidak peduli berapa
banyak klik yang terjadi.
Misal seperti contoh tadi, misal biaya per 1000 tayang adalah $0.2 dan iklan kita berjalan 1
hari dan ternyata tampil kepada 2000 orang dan diklik 70 kali. Dengan demikian yang kita
bayar adalah tampil 2000 kalinya itu, berarti 2x $0.2 = $0.4. Seandainya pun dia diklik 500
kali dari 2000 kali tayang tersebut, tetap kita bayarnya $0.4.

Masalah mana yang lebih baik, kita akan bahas di video yang akan datang. Sekarang saya
cuma ingin anda ngerti dulu beda antara CPC dan CPM. Ya kliatan kan bedanya di mana?

Ok, kira2 begitulah cara kerja fb ads yang saya ketahui.

ANATOMI FACEBOOK ADS


Nah skarang kita mau kenalan sama anatomi FB ads itu sendiri.

Yahhh. tampilannya kayak gini.

Bagian tubuh dari fb ads itu adalah:


1. Judul iklan. Kalau iklan ke website luar, maka kita bisa atur judulnya sesuka kita. Adapun
kalau iklan buat nyari like, maka otomatis nama fanspage menjadi judul iklannya.
2. Teks iklan
3. Gambar iklan
4. URL tujuan iklan jika iklan tersebut mengarah ke website selain facebook. Adapun kalau
adsnya buat ke fanspage, maka biasanya ada tombol buat like page.
Optimasi sebuah facebook ads akan bergantung salah satunya kepada 4 hal di atas, selain
hal2 lain yang akan kita bahas kemudian.
Judul iklan yang menarik, disertai gambar iklan yang bikin penasaran, apabila disajikan
kepada target yang tepat mampu menjadi iklan yang sukses. Sukses dalam artian sesuai
tujuan yang kita tetapkan di awal sebelum memasang iklan. Bukan sukses mendapatkan
harga yang paling murah ya. Jadi pola pikirnya harus dibetulkan dulu.

REKAP PELAJARAN HARI INI

Kita rekap dulu pelajaran hari ini:

1. Anda sudah mengerti alur sederhana bagaimana fb ads bekerja. Gambaran demografi,
bagaimana iklan ditampilkan.
2. Anda sudah bisa membedakan antara cara kerja CPC dan CPM untuk budget iklan.
3. Anda bisa membedakan iklan newsfeed dan iklan right column.
3. Anda sudah mengetahui bagian-bagian penting dari FB ads; judul, text, gambar dan url.

OK, sekian dulu tentang anatomi fb ads ini, di video selanjutnya kita bahas tentang tips
optimasi 4 bagian tubuh fb ads.

Oya, kalau anda mau download file video ini, juga dengan PDF transkripnya, silahkan share
postingan ini, maka akan terbuka untuk anda link menuju downloadnya. Saya tunggu
sharenya ya... sampai jumpa besok.

Saya Ahmad Rehan mohon pamit, assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Link video: http://dapurfb.com/hari-ke-2-cara-kerja-dan-anatomi-facebook-ads/


Masuk training: http://training.dapurfb.com/

Anda mungkin juga menyukai