Anda di halaman 1dari 30

Resume

Awareness
How To Get Awareness
Awareness merupakan funnel penting dalam marketing karena untuk membeli sesuatu paling tidak audience
harus tau dulu barang/jasa yang akan dibeli. Awareness yang sudah sempat dilakukan oleh tim Digital
Marketing adalah sebagai berikut

1. Kolaborasi dengan KOL (Influencer)

Menggunakan jasa Influencer dapat membantu meningkatkan awareness dan memunculkan trust bagi
konsumen. Influencer yang dipilih harus sesuai dengan target pasar agar promosi yang dilakukan tepat sasaran

2. Campaign Giveaway

Giveway adalah salah satu cara untuk meningkatkan follower maupun engagement sosial media perusahaan. Tak
hanya itu giveaway yang dilakukan kemaren juga meningkatkan jumlah followers di marketplace (shopee dan
tokopedia)

3. Padi Promote

Paid Promote yang dilakukan kemaren di coba untuk langsung melakukan promo produk. Namun ternyata
hasilnya kurang efektif
Campaign Paid Promote
Ringkasan :
Campaign Paid Promote di akun @surabayaterkini bertujuan untuk
meningkatkan awareness dan meningkatkan jumlah kunjungan ke
website

Target :

1. Meningkatkan awareness
2. Meningkatkan jumlah kunjungan ke website

Result :

Belum mendapat data insight dari surabaya tekini

Evaluasi :

1. Campaign ini tidak efektif karena biasanya postingan paid


promote mendapatkan reach jauh lebih rendah
Saran Untuk Awareness

1. Pembuatan konten yang sesuai dengan campaign menjadi sangat penting, jadi
kami sarankan untuk berkolaborasi dengan tim sosmed untuk goals yang selaras.
2. Tingkatkan Social Media Organic dengan konten yang menarik dan menarik
engage, ini harus jadi bagian dari Digital Marketing dan didiskusikan dengan tim
sosmed.
3. Gunakan jasa influencer yang tepat target market tidak hanya food blogger saja.
Bisa influencer untuk wirausaha (menarget agent) maupun lainnya
4. Riding the trend dengan mengikuti konten-konten yang sedang viral namun
disesuaikan dengan pilar-pilar Aslah
Resume
Lead Generation, Traffic, Strategi
Table of Content
1. Cara mendapatkan leads
2. Mendatangkan traffic
3. Membuat strategi baru
Yang Dilakukan untuk Mendapatkan Leads:

Menjalankan ads dengan objective (Leads Generation)

Strategi ini dilakukan dengan menawarkan kesempatan kepada target


audience untuk menjadi agen/distributor aslah pure water
FB & IG ADS (FEEDS & STORIES)

CAMPAIGN 3: LEADS AGEN KE-3

Objective Leads

Reach 4,185

Impression 7,902

Result 12

CTR 1.08%

CPC Rp2,163

Amount Spent Rp183,887

ASLAH PURE WATER


Saran/Recommendation untuk Ads
1. Membuat creative visual yang lebih variatif dan menarik. Coba untuk explore
dalam format short video atau video motion graphic sederhana
2. Membuat konten dengan materi yang lebih variatif, tidak terbatas hanya
menyebutkan keuntungan menjadi agen. Bisa dari testimoni customer, konten
yang lebih soft selling, dsb
3. Membuat lebih dari 1 ads dan lebih dari 1 adset dalam campaign yang sama
untuk memudahkan dalam melakukan A/B testing dan mengetahui konten
mana yang lebih disukai customer
4. Melakukan ads mulai dari funnel awareness sehingga bisa melakukan
retargeting pada funnel berikutnya
Yang Dilakukan untuk Mendapatkan Leads:

Menjalankan Blast Email Marketing

Ini dilakukan dengan menawarkan Promo ataupun newsletter dan


kesempatan kerjasama kepada target audience sesuai dengan objective
yang telah di set
Yuk Kolaborasi Dengan Aslah Pure Water

Tools yang digunakan untuk mengirim blast


email adalah:
1. WIX Email Marketing
2. Mailchimp
Bentuk dari isi email tersebut bisa terdiri dari:
1. Promo
2. Penawaran spesial (special offer)
3. Newsletter

Dilakukan 2 kali dalam sebulan


1. Diawal bulan
2. Pertengahan bulan
Yang Dilakukan untuk Mendapatkan Leads:

Pembuatan Landing Page

Ini dilakukan dengan membuat satu halaman yang berisi mengenai


penawaran yang sedang berjalan di Aslah Pure Water dengan CTA
“Order Now* yang kita arahkan langsung ke Whatsapp Aslah
Tools yang digunakan adalah WIX
Yang Dilakukan untuk Mendatangkan Traffic

Membuat Ads dengan objective traffic

Menjalankan campaign dengan menggunakan fb ads serta membuat setup


dengan objective traffic agar dapat mendatangkan traffic ke wa aslah, ini juga
memungkin untuk mendatangkan penjualan
FB & IG ADS (FEEDS & STORIES)

CAMPAIGN 1: PROMO HAJATAN

Objective Trafic
Reach 9606

Impression 17506

Result 54

CTR 0.31%

CPC Rp4,282.00

Amount Spent Rp231,248.00

ASLAH PURE WATER


Yang Dilakukan untuk Mendatangkan Traffic

Membuat Linktree dan mencantumkannya di bio instagram aslah


Mempermudah audience yang datang ke instagram aslah untuk mencari
informasi lebih lanjut mengenai aslah dan produknya, yang pasti setiap
kunjungan akan mendatangkan traffic baik ke website ataupun WA & market
place aslah pure water
Visual dari Lintree dipasang

Menggunakan tools dari lintree


dengan cara membuat akunnya
terlebih dahulu di website linktree
Yang Dilakukan untuk Membuat Strategi Baru:

Menjalankan Riset:
1. Riset Promo Kemerdekaan
Riset promo kemerdekaan dilakukan untuk mengetahui strategi yang
biasanya dilakukan para pelaku usaha saat peringatan kemerdekaan
berlangsung, yang kemudian disesuaikan dengan branding Aslah
Promo Kemerdekaan
Promo kemerdekaan yang biasa
dilakukan?

● Diskon spesial 17 Agustus


● Membuat kode voucher khusus
● Promo ulang tahun
● Promo email newsletter

Berdasarkan result dari Google Trends, terdapat minat untuk promo kemerdekaan
di Jawa Timur. Dengan pencarian lebih banyak untuk keyword "diskon
kemerdekaan".
Yang Dilakukan untuk Membuat Strategi Baru:

Menjalankan Riset:

2. Riset Tren Idul Adha

Riset Idul Adha dilakukan untuk mengetahui potensi market untuk melakukan
promosi saat menjelang dan setelah Idul Adha berlangsung
Tren Idul Adha
● Idul adha menjadi waktu yang tepat untuk spread
awareness dan sale
● Kompetitor tidak memiliki strategi khusus dalam
menyambut hari raya idul adha, tidak memasang
harga atau promo khusus idul adha (opportunity untuk
Aslah untuk melakukan promosi)
● Upload konten dengan tema memperingati hari raya
idul adha dengan konten jenis video
● Hastag khusus #iduladha #sloganproduk
Contoh: Konten dari Cleo yang
● Edukasi yang diselipkan di caption konten
hanya memberi ucapan dan tidak
● Kebutuhan air minum kemasan pada hari raya akan melakukan promosi khusus
meningkat
HOW TO GET CONVERSION
1. Menjalankan campaign

Campaign ini membantu untuk lead generation yang dapat dikonversi menjadi
penjualan.

2. Blast dan konfirmasi by WA kepada Lead yang diperoleh dari promo

Lead diperoleh dari promo baik agen maupun direct WA harus di konfirmasi
terlebih dahulu nama, alamat dan kebutuhannya.

3. Berkomunikasi dengan baik dan ramah serta tidak terlalu memaksa.


Campaign yang pernah dibuat

Campaign agen ini paling banyak menghasilkan lead


generation, hanya saja gambar yang monoton
membuat lead dari campaign ini lama-lama mulai
sedikit, jadi diperlukan creativitas pada desain, copy,
atau lebih baik bisa dibentuk motion grafis.
PROMO HAJATAN
B2B CATERING
Blast Konfirmasi
Konfirmasi harus sesuai dengan data yang diisi oleh lead, lakukan konfrmasi tidak lebih dari 2hari agar audience tidak lupa.
Kalau bisa lakukan konfirmasi setiap hari di jam 11-12 (biasanya akan dibalas setelah jam makan siang)

Jumlah Closing : 3 Orang


- Zahro Isnaini : 50 dus
- Sudarmanto : 50 dus
- Joko Surono : 60 + 20
(Repeat order)+ 30
(Repeat order)
Total Konversi : 210 dus
produk

Conversion Rate Agen :


3/15 x 100% = 20%
Contoh chat konfirmasinya
Assalamualaikum ,
Perkenalkan saya Arifah tim Marketing Aslah, kami ingin melakukan konfirmasi terkait
formulir agen yang bapak/ibu isi pada tanggal xx juli 2022. Berikut kami lakukan
konfirmasi data terkait form yang sudah bapak atau ibu isi
Nama : Joko Surono
Alamat : Menur gang 5 nomor 5 surabaya
Email : suronoj@gmail.com
Pilihan paket : Paket Agen Pintar (Modal 1 Jutaan)
Apakah informasi diatas sudah benar?
Tips

1. Lanjutkan percakapan dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh


calon leads. Baik harga, keuntungan dan sebagainya.
2. Jangan terlalu memaksa leads untuk segera membeli karena akan membuat
mereka tidak nyaman
3. Sabar dan jangan terpancing emosi jika ada lead yg ngeyel
4. Lakukan konfirmasi lanjutan setiap 2hari sekali jika chat kamu tidak dibalas
sampai kamu dapat konfirmasi “dia tidak ingin berlangganan atau jadi
berlangganan”
5. Jika leads meminta waktu, maka tentukan waktu konfirmasi selanjutnya.
Semisal “Saya konfirmasi lagi di hari senin jam 11 ya pak”
Template konfirmasi pemesanan
Saya konfirmasi pemesananya ya pak
Pemesanan : 40 karton Aslah gelas 240 ml dan 10 karton aslah botol 600 ml
Atas nama : Jono Surono
No. Hp : 882-3580-1463
Alamat : Menur gang 5 nomor 5 surabaya
Shareloc :
Total pembayaran : (40 gelas x 18.000) + (10 botol x 29.000) = 1.010.000
Pilihan Pembayaran : COD dengan driver

Anda mungkin juga menyukai