Anda di halaman 1dari 2

keunggulan dan kekurangan overstroke-overbore

Ditulis pada Desember 7, 2010

overstroke atau overbore???

bro semua udah tau kan over-bore/over-stroke itu apa. kan saya udah pernah bahas ditulisan saya yang dulu kenapa RPM ninja 250 bisa sampai 14000rpm??. Di zaman sekarang kebanyakan dari motor-motor yang berlalu lalang bahkan yang bro-bro pake sekarang kemungkinan berjenis over-stroke, mulai dari generasinya honda kirana sampai supra x125, suzuki dengan shogun 125nya, bahkan yamaha tetap setia dari generasi crypton sampai jupiter mx.. loh kok kebanyakan over-stroke sih.?? ntar qita bahas gimana dengan overbore? honda dengan generasi Cnya.. C70sampai C100supra generation. suzuki bersama shogun11o yang sempat merajai jagat road-race,smash lama, yang paling powerful si kesatria FU,yamaha apa ya ga ada digenerasi 4taknya,nah yang terakhir kawasaki yang paling setia dengan desain mesin ini.

antara stroke panjang dan pendek

kita cari dulu keunggulan over-stroke, barudah tau sebabnya kenapa motor bebek sekarang peke nih tchno

keunggulan over-stroke:

putaran mesin relatif rendah untuk menggapai power maksimal, jadi ga perlu plintir gas dalam-dalam. ukuran seher,klep,blok silinder ukurannya relatif kecil sehingga mengurangi cost. sesuai dengan zaman sekarang yang lagi sulitnya nyari sepeser duit. irit bahan bakar yang diakibatkan rendahnya putaran mesin. nah lagi berubungan ma yang namanya duiiit ga perlu beli bensin banyak-banyak.so kantong tetap tebal. bagi kalangan speed lover, ngoprek untuk menaikkan CC gampang,tinggal ganti seher yang lebih besar,CC pun meningkat pesat ga perlu naik stroke

kekurangan:

dengan kecilnya diameter seher, otomatis diameter klep akan kecil juga tentu mengakibatkan sedikitnya bahan-bakar yang masuk, mesin ga mau teriak, dan putaran atas loyo. untuk kalangan speed lover harus berhati-hati dalam pergantian komponen mesin,seperti CDI, dengan CDi non limit akan mengakibatkan mesin cepat berteriak,jika melebihi piston speed limit (21m/s) piston rawan jebolpengalaman saya dengan jupiter mx

nah sekarang giliran keunggulan dan kekurangan si over-bore. keunggulan :

dengan besarnya diameter seher, maka klep yang dijejalkan bisa lebih besar. bahanbakar yang masukpun bisa loooooos buanyaak. putaran mesin serasa tak abis-abis.contohnya ninja yang 14.000rpm. disebabkan saat putaran tinggi piston speednya blom mencapai limit (21m/s) walaupun digeber abis-abisan mesin tetep aman stay cooooool. bangga naik motor yang bertenaga di putaran 10rebu keatas. dengan putaran mesinnya yang tinggi, dan diameter klep yang besar so. bensinya ngocor. terpaksa deh kanker kantong kuuueeriing. tenaga tidak responsif saat putaran bawah, ya terpaksa diasepin dulu saat tanjakan..

kekurangannya:

kebiasaan yang aneh pada r125 sportbike kok overstroke????

dari kelebihan dan kekurangan diatas tentu bro sudah bisa menyimpulkannya kan???

bebek-bebek sekarang senengnya over-stroke karena kasian pada sipemiliknya kasian kantongnya kering, he he bcanda ya tentu demi keekonomisan. dengan cc bebek yang kecil tentu power pada putaran bawah yang cocok,jalan indonesia yang stopNgo sesuai dengan karakter over stroke.

monggo di share komennya..

http://dewataspeedblog.wordpress.com