Anda di halaman 1dari 2

About:

1. know the online marketing funnel and metrics related to each funnel steps
2. undrestanding the important business & marketing metrics
3. tailoring the company goals toweard your digital marketing team

yang membedakan digital marketer adalah kemampuan dalam mengerti dan dapat
mengoptimasi funnel & metrics in digital marketing.

What make succesfull company?


-> can keeping growth target and other important business metrics in check.

Business goal
1. operational goals
2. sales goals
3. marketing goals

Marketing Funnel: the journey that each audiece need to get through to become your
customer.

B2C/E-commerce Funnel

Consider all of your marketing spend


The first mistake to avoid is to measure your CAC by only looking at the attributable
marketing costs of acquiring a user. What does this mean?
Let’s use a simple example:
4. You invest $1,000 on Facebook Ads and $1,000 on Google Ads.
5. You acquire 5 customers through your Facebook Ads and no customers through
your Google Ads

>> Your CAC shouldn’t be $1,000 / 5 = $200, but ($1,000 + $1,000) / 5 = $400. Don’t
just consider the marketing budget that brought you a customer but all of it.

Definition Metrics
4. SAAS : Software As A Service, Model bisnis yang menjual layanan software yang
berlesensi berbasis cloud dengan sistem berlangganan.
5. MRR : Monthly Recurring Revenue, Pendapatan yang didapatkan transaksi
berlangganan setiap bulan.
6. Recurring revenue margin : Persentase pendapatan dari setiap langganan
7. Churn Rate : Persentase pelanggan yang berhenti berlangganan
8. Contribution Margin : Gross profit yang didapatkan dari setiap penjualan/transaksi
dikurangi biaya variabel yang harus dibayarkan untuk setiap penjualan/transaksi (biaya
produksi, biaya pengiriman)
9. Average Order Value : Berapa banyak pelanggan rata-rata membayar untuk setiap
pesanan/transaksi
10. Average customer lifespan: Rata-rata periode/waktu ketika pelanggan terus
membeli/berlangganan produk/layanan
11. CLTV : Nilai/pendapatan seumur hidup pelanggan selama masih
berlangganan/belanja produk.
12. CLTV/CAC Ratio : Jumlah CLTV dibagi CAC
13. Payback Period : Waktu yang diperlukan untuk melunasi Biaya Akuisisi
pelanggan anda. CAC/(AOV*AOPC*CM)
14. CPO : Cost per order, biaya rata-rata yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu
order
15. ROAS : Return of Ad Spending, jumlah revenue untuk setiap biaya yang
dikeluarkan untuk beriklan online
16. CIR or CRR : Rasio untuk mengekspresikan seberapa besar cost dibandingkan
revenue

Anda mungkin juga menyukai